UPDATE: Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Risiko Rendah Covid-19, Nol Zona Merah

Peta zona risiko Covid-19 di Indonesia, berdasarkan update 3 Oktober 2021. Nol zona merah Covid-19 di Indonesia, hampir seluruh wilayah berisiko rendah.baturajaradio.com-  Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah memperbarui data peta zonasi di setiap daerah.

Pembaruan data ini dilakukan seiring dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 18 Oktober 2021.

Melansir laman covid19.go.id, dalam data peta zonasi risiko hingga 3 Oktober 2021, sudah tak ada lagi daerah berstatus zona merah atau berisiko tinggi Covid-19.

Ini menjadi pekan ketiga secara berturut-turut Indonesia tanpa zona merah.

Data peta zonasi Covid-19 terbaru juga menunjukkan, hampir seluruh kabupaten atau kota di Indonesia berada pada status risiko rendah virus corona.

Sementara itu, daerah berstatus zona oranye atau risiko sedang Covid-19 kini hanya tersisa dua kabupaten, yaitu Aceh Timur (Aceh) dan Bulungan (Kalimantan Utara).


Daerah berstatus zona oranye terus mengalami penurunan dari minggu ke minggu.

Adapun daerah berstatus zona hijau, pada periode ini menunjukkan ada empat kabupaten atau kota.

Papua Barat
Pegunungan Arfak
Manokwari Selatan

Papua
Intan Jaya

Maluku Kota Tual Keempat daerah itu kini tak lagi memiliki kasus positif virus corona. 

 Sebabnya Indikator zona risiko Ada beberapa indikator yang digunakan untuk menghitung status zona risiko Covid-19 di Indonesia, yaitu: epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

 Peta zona risiko tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung penyebaran pandemi Covid-19 di satu daerah. Meski keadaan semakin membaik, pemerintah masih terus menerapkan PPKM untuk mengendalikan Covid-19. 

Pada PPKM periode 5-18 Oktober 2021, ada sejumlah penyesuaian aturan dari periode sebelumnya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

 Daftarkan email Pertama, pembukaan pusat kebugaran atau fitness centre dengan kapasitas maksimal 25 persen, protokol kesehatan ketat, dan skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

Pembukaan itu diterapkan di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Jogjakarta, dan Surabaya Raya.

 Kedua, konter makanan dan minuman di dalam bioskop diizinkan buka, tetapi kapasitas bioskop masih tetap 50 persen untuk kota-kota level 3, 2, dan 1.

Ketiga, Bandara Ngurah Rai Bali akan dibuka untuk internasional pada tanggal 14 Oktober 2021 selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, testing, dan kesiapan Satgas Covid-19.

Nantinya, setiap penumpang kedatangan internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal 8 hari dengan biaya sendiri. Keempat, dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya.

(https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/07/082900465/update--hampir-seluruh-wilayah-indonesia-risiko-rendah-covid-19-nol-zona?page=2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.