Polres OKU Berhasil Gagalkn Pemasok Ribuan Kenalpot Brong

Detik-detik Pasokan Ribuan Knalpot Brong di OKU Digagalkan Polres OKU, Juga Dipasok ke Palembang 

Baturajaradio.com--  Jajaran Satlantas Polres OKU dibawah pimpinan Kasat Lantas Poltes OKU AKP Sutrisman SH MM menangkap satu bok berisi sekitar 1000 unit knalpot  brong, Selasa (5/10/2021).

Penangkapan dilakukan saat pemasok knalpot brong ke OKU ini sedang melakukan transaksi di salah satu toko spare part di Baturaja.

Diperkirakan, saat itu tersangka akan mengisi di salah satu toko spate part  motor racing.


Tanpa membuang waktu lagi, polisi langsung beregrak cepat mengamankan pelaku berikut barang buktinya.


Dua tersangka yang diamankan atas nama Mahipal (40) dan Firman (40).


Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, melalui Kasat Lantas Polres OKU, AKP Sutrisman SH MM, didampingi Kanit Kamsel (Keamanan dan Keselamatan), Ipda Dedy Iskandar, menjelaskan kedua tersangka ditangkap saat melakukan bongkar muat knalpot brong di toko spare part di Baturaja.


Sebelumnya, unit Turjagwali (Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli) mendapat infromasi tentang aksi jual beli knalpot brong.  


Pukul 16.45 WIB, Unit Turjagwali dibawah pimpinan Aiptu Andi Hendrianto langsung meluncur ke lokasi dan  memergoki pelaku sedang membongkar barang ilegal yang diperikirakan pesanan pemilik toko onderdil motor.


Petugas langsung mengamankan dua tersangka pemasok dan barang bukti, selanjutnya digelandang ke Mapolres OKU.


Mahiipal (40), tersangka yang menjalankan peran sebagai sopir pengangkut ribuan knalpot brong, mengatakan ia mendapat tugas mengantarkan barang-barang ke tokoh-tokoh pemesan knalpot brong.  


Dihadapan polisi, tersangka menerangkan knalpot brong dibawa dari Tegal, provinsi Jawa Tengah.


Rencananya ribuan knalpot brong ini akan dipasarkan ke Kabupaten Ogan Komering Ulu, Lahat, Prabumulih, Palembang, Jambi dan Riau.


Selama musim pandemi Covid-19 khususnya setelah pemerintah menerapkan PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiataman Masyarakat) kegiatan menjual knalpot brong juga istirahat.


Setelah PPKM dilonggarkan menyusul telah berangsur melandainya Covid-19, bisnis knalpot brong kembali beroperasi.


Dihadapan polisi pemeriksanya, tersangka mengaku menjual kenalpot brong ini dengan kisaran harga Rp 150.000/unit-Rp 500.000/unit.


Masyarakat  Kabupaten OKU memberi apresiasi kinerja polisi menggulung pemasok knapol brong


Seperti disampaikan Yudi (50) , keberhasilan polisi mengagalkan  jual beli 1000 knalpot brong yang akan dipasok ke toko spare part di Baturaja.


“Bravo Satlantas, semoga dengan terbongkarnya kasus jual beli knalpot brong ini akan memebri efek jera,” kata Yudi.


Sebab knalpot brong yang digunakan pengendara motor untuk balap balapan liar ini memang sudah menjadi masalah yang serius dan menganggu ketenanganan masyarakat.


Upaya yang paling cerdas adalah dengan menangkap pemasokkasus ini diusut tuntas  hingga ke pembuat knalpot brong.


Harapan masyarakat pembuat knalpot brong ini juga diseret ke rana hukum.


Apalagi knalpot brong ini diperkirakan bukan produksi pabrikan, disamping ilegal , knalpot brong ini juga sangat meresahkan masyarakat.


Sebab di Kota Baturaja setiam malam minggu aksi kebut-kebutan sepeda motor dnegan knalpot yang racing sangat menganggu dan membahayakan pengendara dan pengguna jalan.


Suara  kenalpot brong juga memancing orang lain untuk ikut-ikutan kebut-kebutan dan tidak jarang berkembang mnejadi krminalitas.








(https://palembang.tribunnews.com/2021/10/06/detik-detik-pasokan-ribuan-knalpot-brong-di-oku-digagalkan-polres-oku-juga-dipasok-ke-palembang?page=all)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.