471 Sekolah di Sumsel Ini Diinstruksikan Gelar Nonton Bareng Film Penghianatan G30SPKI, Ini Sejarah

471 Sekolah di Sumsel Ini Diinstruksikan Gelar Nonton Bareng Film Penghianatan G30SPKI, Ini Sejarah 

Baturajaradio.com --  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur menginstruksikan agar pihak sekolah melakukan pemutaran film G30S/PKI pada Kamis (30/9/2021).

Hal itu tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Disdikbud Nomor: 420/3271/III.Disdikbud.OT//2021.

Pemutaran film tersebut dilaksanakan di 471 sekolah yang berada di Bumi Sebiduk Sehaluan tingkat SD dan SMP.

Selain Nonton Bareng (Nobar) film G30S/PKI, dalam surat itu juga menginstruksikan agar pihak sekolah mengibarkan bendera setengah tiang mulai Kamis (30/9/2021) sampai Jumat (1/10/2021).

Begitu juga mengarahkan agar pihak sekolah melaksanakan upacara bendera pada peringatan hari kesaktian pancasila besok di lapangan sekolah masing-masing dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Kadisdikbud OKU Timur, Wakimin MM melalui Kasi peserta didik dan pembinaan karakter, Himawan Bastari, M.Pd, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk refleksi agar para siswa juga mengenal dan memahami sejarah kebangsaan.

"Kami anggap film penghianatan G30S/PKI merupakan cara yang  paling efektif mengenalkan sejarah," ujar Himawan, Kamis (30/9/2021).

Terpisah, Kepala SMP Negeri 1 Belitang  Madang Raya, Drs, Sri Margono, MM mengapresiasi dan mendukung kegiatan Nobar tersebut.

"Sekolah kami melaksanakan nonton bareng dengan Prokes ketat, serta menyensor beberapa adegan film terutama saat adegan kekerasan dan berdarah," ujarnya.

Bahkan dari film yang semula berdurasi sekitar empat jam, kata dia, kali ini hanya ditayangkan dalam durasi sekitar satu jam namun tidak mengurangi misi dan pesan yang ada di film tersebut.

"Kita melibatkan guru pendamping dalam acara nobar tersebut," tutupnya.(Edo/TS)




(https://palembang.tribunnews.com/2021/09/30/471-sekolah-di-sumsel-ini-diinstruksikan-gelar-nonton-bareng-film-penghianatan-g30spki-ini-sejarah)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.