OKU Timur PPKM Level 3, Distribusi Beras Bantuan Dimulai Hari Ini, Bupati Enos: Jangan Berkerumun

OKU Timur PPKM Level 3, Distribusi Beras Bantuan Dimulai Hari Ini, Bupati Enos: Jangan Berkerumunbaturajaradio.com - Terhitung sejak Senin (26/7/2021) yang lalu, Kabupaten OKU Timur secara resmi memberlakukan PPKM level III sampai dengan 02 Agustus 2021.

Menyikapi hal tersebut
, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur bersama perum Bulog bergerak cepat dengan memberikan bantuan beras pada masyarakat yang terdampak.

Pembagian beras tersebut dilakukan secara bertahap pada masyarakat mulai dengan hari ini dan ditargetkan selesai pada Sabtu (31/7/2021) mendatang.

Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) setempat, tercatat sebanyak 41.140 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten OKU Timur yang berhak menerima bantuan.

Dari 41.140 KPM ini, 22.406 diantaranya merupakan KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 18.734 KPM Program Keluarga Harapan (PKH).

Sejumlah 411,4 ton beras disiapkan dan akan diberikan pada masing-masing KK sebanyak 10 Kilogram beras.

Untuk hari ini, bantuan tersebut sudah mulai dibagikan pada 6 desa di Kecamatan Buay Madang Timur.

Bupati OKU Timur, H Lanosin Hamzah atau yang akrab disapa Enos, mengungkapkan bantuan ini timbul saat OKU Timur  PPKM level 3 sejak dua hari yang lalu.

"Kita mendapatkan bantuan 40 truk beras, sesuai dengan amanah Mendagri, cara pembagianya harus benar-benar sesuai petunjuk teknisnya.

Kalau ini tidak kita lakukan secara tepat dikhawatirkan menimbulkan kerumunan," katanya dalam agenda launching program bantuan beras di Gudang Bulog Desa Sukarame Kecamatan Belitang, Rabu (28/7/2021).

Selain bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, menurut Enos, distribusi beras Bulog ini juga bisa menguntungkan bagi petani.

"Kalau beras bulog ini bisa didistribusikan, nantinya bulog bisa menyerap hasil panen kedua," ujar bupati.

Sedangkan bagi masyarakat lain yang belum terdata sebagai penerima bantuan padahal juga membutuhkan, pihaknya nanti akan melakukan verifikasi data kembali.

"Verifikasi data antara Dinsos dengan Disdukcapil untuk sinkronisasi data," bebernya.
Mengenai teknis pembagianya, nanti akan ada transporter dari bulog untuk mengirimkan pada Kepala Desa (Kades) masing - masing.

"Setelah diterima Kades, nanti dikumpulkan pendamping PKH, baru kemudian diberikan pada masyarakat penerima manfaat tersebut," tutupnya.




(https://palembang.tribunnews.com/2021/07/28/oku-ppkm-timur-level-3-distribusi-beras-bantuan-dimulai-hari-ini-bupati-enos-jangan-berkerumun?page=all)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.