Manfaat Genjer Bagi Kesehatan, Bisa Tambah Stamina Tubuh

Sering Dijumpai di Rawa atau Sawah, Sayuran Genjer Punya Banyak Manfaat  Bagi Kesehatan - Serambi Indonesia 

Baturaja Radio.comManfaat genjer bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu membuat stamina menjadi bertambah. Genjer juga biasa dikenal dengan kelayan atau eceng ini merupakan sejenis tumbuhan rawa yang dapat dan kerap dijumpai di perairan dangkal maupun sawah.

Tumbuhan ini biasa ditemukan bersamaan dengan eceng gondok. Berbeda dari eceng gondok yang mengapung, tumbuhan genjer ini biasa ditemukan terbenam di dalam genangan lumpur dengan daun berbentuk tegak ataupun miring. Bagian dari daun genjer sendiri biasa diolah menjadi berbagai olahan masakan, mulai dari yang berkuah, tumisan hingga sekedar campuran dalam urap sayur.

Diketahui, daun genjer memiliki cita rasa yang unik yakni sedikit pahit akan tetapi bertekstur kenyal. Namun jika sudah diolah bersama dengan bumbu-bumbu dapur daun genjer bisa menjadi sebuah makanan yang lezat. Selain itu, ternyata genjer memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi. Ingin tahu? Berikut manfaat genjer untuk kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Tingkatkan Stamina Tubuh

Manfaat genjer bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mampu meningkatkan stamina bagi siapapun yang mengonsumsinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein yang tinggi dalam genjer, otomatis dengan mengonsumsi genjer Anda juga akan mendapatkan sumber energi secara alami.

Sumber energi yang meningkat juga akan menghasilkan stamina dalam tubuh berjumlah tinggi pula. Untuk itu, ketika Anda mengonsumsi genjer ini yang memiliki beberapa nutrisi lainnya, dapat membantu meningkatkan stamina di dalam tubuh.

Lancarkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang mengonsumsi genjer juga terdapat manfaat lainnya yakni mampu membuat sistem pencernaan bekerja dengan lancar. Mengonsumsi genjer mampu membebaskan Anda dari masalah pencernaan seperti sembelit, tak hanya itu ini juga akan membantu tubuh Anda dalam meningkatkan metabolisme.

Genjer yang dikonsumsi dipercaya dapat membuat kadar gula darah Anda menjadi stabil. Itu semua lantaran genjer mengandung berbagai nutrisi di dalamnya, antara lain seperti serat yang sangat tinggi sehingga mampu membuat asupan gizi tubuh Anda menjadi terpenuhi.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat berikutnya yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi genjer ini yakni menguatkan tulang serta gigi. Perlu diketahui, genjer mengandung zat protein yang pada nantinya akan bertugas membuat tulang dan gigi manusia menjadi kuat.

Kekuatan tulang yang terjaga otomatis juga akan membebaskan Anda dari risiko terserang penyakit osteoporosis pada usia dini. Nah bagi Anda yang tak ingin kekuatan tulang serta gigi menurun pada usia muda, maka mengonsumsi genjer dapat menjadi salah satu alternatif.

Membuat Kulit Awet Muda

Selain itu, genjer juga mengandung zat besi dan juga protein di dalamnya. Diketahui adanya protein serta zat besi ini akan berperan meregenerasi ribuan bahkan jutaan sel kulit mati dalam tubuh Anda.

Dengan begitu, mengonsumsi genjer akan mampu membuat kulit Anda tetap terlihat awet muda seiring sel-selnya yang telah diregenerasi oleh zat besi dan protein. Kemudian, genjer juga memiliki manfaat lainnya yakni membantu proses penyembuhan luka seseorang jika sedang mengalaminya. Mengonsumsi genjer dengan jumlah yang cukup mampu membuat proses penggantian sel-sel kulit mati dalam tubuh menjadi sangat mudah.

Menambah Napsu Makan

Adanya banyak kandungan nutrisi yang hadir dalam genjer mampu membuat napsu makan Anda menjadi bertambah. Kandungan nutrsi dalam genjer antara lain seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, lemak, vitamin B dan masih banyak lagi.

Nah untuk mengonsumsinya, Anda bisa menjadikan genjer sebagai lalapan dengan merebusnya terlebih dahulu, atau mungkin ingin diolah menjadi tumis.

Atasi Anemia

Manfaat menakjubkan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi genjer adalah mampu mengatasi penyakit anemia. Kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya akan bertugas dalam melakukan pembentukan sel darah merah.

Maka, dengan begitu genjer adalah salah satu makanan yang mampu mengatasi penyakit kekurangan darah atau dikenal dengan anemia. Bukan hanya itu, zat besi juga berperan dalam memperbaiki sel darah merah sehingga darah akan mengalir secara lancar dan membuat Anda terbebas dari berbagai riiko penyakit.

Cegah Penyakit Kanker dan Jantung

Adapula manfaat genjer yang sangat penting bagi tubuh apabila dikonsumsi, yakni mampu mencegah kanker serta penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan genjer memiliki kandungan polifenol di dalamnya yang memiliki sifat sebagai antioksidan.

Antioksidan inilah yang bertugas untuk menangkal paparan radikal bebas penyebab penyakit kronis. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap terjaga dan mengurangi risiko terserang penyakit seperti kanker ataupun jantung.

Itu tadi merupakan informasi tentang 7 manfaat genjer yang sudah dirangkum dari berbagai sumber oleh Merdeka.com. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda dan jangan lupa untuk mencoba mengonsumsinya.(merdeka.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.