Dinkes Palembang Wacanakan Vaksinasi Siswa di Sekolah

Dinkes Palembang Wacanakan Vaksinasi Siswa di Sekolah 

Baturajaradio.com  Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang mewacanakan vaksinasi COVID-19 bagi siswa secara massal di tiap sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMP, bekerja sama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota.

"Rencananya ada tapi masih lihat ketersediaan stok (vaksin). Karena di beberapa faskes ada yang habis," ujar Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Rabu (14/7/2021).

1. Rencana vaksinasi massal masih menunggu lansia selesai

Rencana vaksinasi COVID-19 massal bagi siswa merupakan upaya Dinkes Palembang mengejar percepatan realisasi vaksin kepada semua lapisan masyarakat, dan mendukung program pemerintah pusat yang menarget vaksinasi 5 ribu orang per hari.

"Memang perlu (vaksinasi siswa massal) tapi saat ini karena masih daring, masih menjadi sasaran lansia dan masyarakat umum," kata dia.

2. Vaksinasi diutamakan untuk siswa dengan komorbid

Mirza menyampaikan, sasaran vaksinasi bagi siswa dimulai dengan syarat usia minimal 12-18 tahun, serta mendapatkan persetujuan orangtua, membawa data diri lengkap, mengikuti uji klinis, dan didampingi wali murid atau pihak yang bertanggung jawab.

"Tapi vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak masih mengutamakan yang memiliki komorbid (penyakit penyerta). Dosis yang diberikan juga hanya setengah mililiter," timpalnya.

3. Sekolah belum terima kabar soal rencana vaksinasi massal bagi siswa

Kepala SDN 1 Palembang, Rahma Danniarti mengatakan, pihaknya belum mendengar kabar terkait wacana Dinkes Palembang terkait vaksinasi COVID-19 massal.

"Dari Disdik dan Dinkes belum ada pemberitahuan. Tapi pada dasarnya kami siap mengkoordinir siswa jika memang diminta melakukan pendataan vaksinasi," tandas dia.

(https://sumsel.idntimes.com/news/sumsel/feny-agustin/dinkes-palembang-wacanakan-vaksinasi-siswa-di-sekolah/3)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.