Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Daun Sungkai Dipercaya Tingkatkan Imun, Warga OKU Selatan Berbagi Cara Merebusnya

Daun Sungkai Dipercaya Tingkatkan Imun, Warga OKU Selatan Berbagi Cara Merebusnya 

Baturajaradio.com --  Sebaran kasus Covid-19 meningkat warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) ramai-ramai memburu tanaman liar daun Sungkai.

Air rebusan tumbuhan liar daun Sungkai dipercaya warga sebagai obat herbal untuk meningkatkan imun tubuh bahkan penyembuhan virus corona.

Alhasil, tumbuhan liar yang kerap berada di hutan, semak belukar ditepi jalan itu menjadi buruan para warga dari Kota Muaradua hingga pelosok Desa di OKU Selatan Sumatera Selatan dalam beberapa hari belakangan.

"Sejak sepekan terakhir banyak yang memburu daun Sungkai untuk obat herbal menyembuhkan dari Virus Corona,"terang Fauzi warga Muaradua, Senin (26/7/2021).

Daun Sungkai dimanfaatkan masakan air rebusannya dijadikan sebagai konsumsi minuman.
Adapun pengolahan daun tersebut dengan cara dimasak.

Langkah pertama beberapa tangkai daun sungkai diambil secukupnya dibersihkan terlebih dahulu sebelum direbus dengan 3 gelas air putih.

Selanjutnya, 3 gelas air tersebut dicampur dengan daun sungkai yang telah dibersihkan tadi rebus hingga mendidih sehingga berkurang menjadi satu gelas air untuk satu orang yang meminum.

Setelahnya tambahkan garam secukupnya untuk mengurangi rasa pahit air rebusan daun sungkai.

Akan tetapi tak direkomendasikan terlalu banyak mengkonsumsi dapat menyebabkan darah tinggi (SP/ALAN)





(https://sumsel.tribunnews.com/2021/07/26/daun-sungkai-dipercaya-tingkatkan-imun-warga-oku-selatan-berbagi-cara-merebusnya)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.