Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

12 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Ilustrasi kulit wajah cerah dan sehat.baturajaradio.com – Memiliki kulit wajah kendur bisa jadi sangat menyebalkan karena dapat memengaruhi penampilan atau rasa percaya diri. Kulit wajah mengendur sebenarnya adalah proses normal yang terjadi seiring bertambahnya usia. 

Saat bertambah tua, lemak di wajah akan menipis, sehingga kantong-kantong lemak yang tersebar di berbagai area wajah, seperti pipi, pelipis, dahi, bibir, termasuk di leher mengendur seperti balon yang kempis. 

Proses penuaan juga dapat menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh berkurang, sehingga mengakibatkan timbulnya kulit kendur dan kerutan.

 Namun, kulit kendur bisa pula muncul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, sehingga dapat menjadi masalah bagi kaum remaja,seperti: 

Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari 

Kebiasaan merokok 

Ekspresi wajah berlebihan 

Perubahan hormon drastis 

Keturunan 

Kurangnya melanin 

Penurunan berat badan 

Cara mengencangkan kulit secara alami Jika mengalami masalah kulit kendur atau berkerut, Anda dapat mencoba beberapa cara mengencangkan kulit wajah secara alami berikut:

 1. Kurangi konsumsi gula Mengonsumsi gula secara berlebih, termasuk secara rutin ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kendur dan munculnya kerutan.

mengonsumsi terlalu banyak gula dapat mempercepat proses alami di tubuh bernama glikasi yang menghasilkan advanced glycation end products (AGEs).

 AGEs ini dapat memecah kolagen yang diproduksi tubuh (protein yang membuat kulit kencang) lebih cepat dari yang seharusnya dan mencegahnya untuk direproduksi secara teratur sesuai kebutuhan. Jadi, kurangi konsumsi gula Anda, sehingga produksi kolagen akan diseimbangkan kembali dan kulit akan menjadi lebih kencang dan terhidrasi.

 Jumlah maksimal gula yang dibutuhkan tubuh Anda tanpa mengganggu kesehatan adalah 2 sendok makan setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa hampir semua makanan yang kita makan mungkin mengandung gula, jadi cermatlah. 

 2. Gunakan minyak kelapa Minyak kelapa adalah pelembab terbaik. Karena konsistensinya, minyak kelapa ketika dioleskan ke kulit dapat mengisi pori-pori dan kerutan yang mungkin mulai muncul, serta menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi. 

Selain itu, asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat menembus kulit karena berat molekulnya yang rendah, tidak seperti semua pelembab berbahan dasar air, dan dapat melindungi protein alami di kulit. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health, minyak kelapa efektif dalam merawat kulit kering, mencegah kulit kendur, dan menghilangkan kerutan. Cara mengencangkan kulit wajah dengan minyak kelapa, yakni sebagai berikut:

 Anda bisa mengoleskan sedikit minyak kelapa ke kulit wajah di pagi hari dan menggandakan jumlahnya di malam hari sebelum tidur Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di leher .

3. Makan makanan kaya antioksidan Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia dan paling banyak terpapar oksidasi, yang berarti kulit Anda dapat rusak hanya dengan menjalani rutinitas harian. 

Makanan yang kaya anti-oksidan dapat membantu melawan kerusakan akibat stres oksidatif pada kulit. 

Meskipun Anda mungkin bisa mendapatkan pelembab yang diduga kaya antioksidan dan dapat membantu merevitalisasi kulit, dalam hal antioksidan, cara kerja terbaik adalah dimulai dari dalam. 

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli pelembap yang mahal, mulailah makan makanan kaya antioksidan yang akan mengembalikan kulit ke jalur yang benar dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Cobalah makan banyak blueberry, anggur, stroberi, blackberry, kacang merah, bayam, dan kangkung.

4. Cuci muka secara rutin Jangan pernah tidur dengan make up atau riasan yang masih menempel di wajah. Saat diaplikasikan pada kulit, riasan perlahan terserap melalui pori-pori, dan karena hampir semua produk riasan mengandung bahan kimia yang keras, hal ini kemudian menambah atau berkontribusi terhadap stres oksidatif yang dialami sel-sel kulit setiap hari. 

 Sebelum Tidur Jadi penting untuk mencuci wajah secara rutin agar terhindar dari masalah kulit kendur atau keriput. Penting untuk menggunakan pembersih berbahan dasar air dan kemudian menambahkan air dingin setelahnya guna membantu pori-pori menutup. Jangan menggunakan scrub wajah di malam hari, cukup gunakan scrub sekali atau dua kali seminggu untuk menghindari iritasi pada kulit dan memaksa pengangkatan sel-sel kulit saat tidak diperlukan. Oleskan sedikit minyak kelapa sebagai pelembab setelah Anda membersihkan wajah. 

5. Konsumsi makanan kaya beta karoten dan vitamin A Menurut penelitian yang dilakukan di National Institute of Health, kombinasi beta karoten, yang terdapat dalam banyak makanan, dan vitamin A dapat mencegah dan memperbaiki penuaan pada kulit.

 Itulah sebabnya sering kali nutrisi tersebut terlihat sebagai bahan utama di banyak pelembab kulit anti penuaan dan tabir surya. 

Beta karoten telah terbukti dapat memblokir sinar ultraviolet matahari dari kerusakan dan penuaan kulit dan vitamin A merangsang produksi kolagen dan serat elastis di kulit. 

 Baik beta karoten dan vitamin A ada dalam makanan, seperti wortel, ubi jalar, kangkung, bayam, melon, dan aprikot. 

Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk vitamin A dan beta karoten adalah 30 mg.

 6. Gunakan masker mentimun Setelah usia 20 tahun, komponen kulit seperti kolagen yang meningkatkan kekencangan, dan elastin yang memberikan elastisitas, diproduksi 1 persen lebih sedikit setiap tahun. 

Kulit kemudian perlahan mulai menipis dan kendur di area seperti wajah, leher, dan dada. Jadi penting untuk merawat area tersebut lebih sering dibandingkan bagian tubuh lainnya dengan masker biasa. 

Mentimun dan jus mentimun adalah bahan alami yang dapat menghasilkan keajaiban dalam hal perawatan kulit itu. 

Mentimun kaya akan mineral silika yang merupakan komponen penting untuk jaringan kulit yang sehat, dan asam askorbat yang dapat mencegah retensi air di kulit. Saat dioleskan, mentimun dapat mengeluarkan racun dari pori-pori kulit dan mengencangkan kolagen di bawah kulit. 

Cara mengencangkan kulit wajah dengan mentimun, yakni sebagai berikut:

 Siapkan 1 buah mentimun, kupas, dan potong kecil-kecil Giling selama 10 - 20 detik hingga menjadi jus yang encer Setelah itu, masukkan ke dalam saringan dan pisahkan air dari pasta.

 Cuci wajah Anda seperti yang biasa di malam hari dengan pembersih bebas minyak Oleskan jus pada kapas lalu oleskan ke wajah, dan bisa juga pada leher hingga dada Biarkan selama 20 menit hingga mengering Cuci wajah Anda dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering Ulangi metode ini dua kali seminggu

 7. Campur soda kue dan minyak kelapa Baik minyak kelapa dan soda kue memiliki manfaat anti-penuaan yang hebat. Soda kue adalah bahan alami yang digunakan untuk mengelupas kulit dan menghilangkan sel kulit mati, mengecilkan pori-pori besar, dan meningkatkan produksi kolagen saat dipijat ke kulit. 

 Minyak kelapa seperti sudah dijelaskan di atas, sangat bagus untuk melembabkan kulit, menembus kulit, serta mengobati kendur dan kerutan yang muncul seiring waktu. 

Dengan menggabungkan keduanya, Anda akan dapat mengelupas kulit, melembabkannya. Sementara, memijat kulit saat mengoleskan bahan ini akan meningkatkan aliran darah di bawah kulit dan mendorong produksi kolagen. 

Cara mengencangkan kulit wajah dengan baking soda dan minyak kelapa, yakni sebagai berikut: Isi 1/4 botol dengan minyak kelapa (pilih botol atau kemasan dengan tubuh sehingga Anda bisa menyimpannya untuk digunakan nanti) Tambahkan 3 sendok makan soda kue dan aduk rata sampai menjadi pasta Di pagi hari, ambil 1 sendok teh pasta dan pijatkan ke seluruh wajah dan leher Anda selama 1-2 menit (hindari area mata yang sensitif) Biarkan selama 10 menit Cuci bersih dengan air dingin dan keringkan Ulangi ini 2 kali seminggu atau sesuai kebutuhan 

8. Campur putih telur dan madu Putih telur dan madu memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kulit jika dioleskan secara topikal dan bukti ilmiah sekarang dapat membuktikannya. Menurut penelitian dari Agocampu Rennes Sciences et Technologie Research Center, putih telur terbukti dapat mengurangi kerutan, garis halus, dan membalikkan kulit yang kendur. Dalam penelitiannya, para ahli mengambil telur dari ayam dan memisah bahan putih telur. Dengan melakukan ini, peneliti menemukan 69 protein utama yang berguna untuk merevitalisasi dan mengencangkan kulit dalam putih telur saat dioleskan.

 Sementara, madu kaya akan antioksidan, dapat menghilangkan kotoran, dan meresap ke dalam kulit. Selain itu, madu bersifat higroskopis, seperti gliserin, yang berarti melembabkan kulit dan menyerap air dari lingkungan. 

 Menggabungkan kedua bahan tersebut diyakini menjadi perawatan kulit yang ampuh. Cara mengencangkan kulit dengan campuran putih telur dan madu yakni sebagai berikut: Pisahkan 1 putih telur dari kuning telur ke dalam mangkuk Tambahkan 2 sdm madu dan aduk rata hingga menjadi pasta Oleskan pada kulit, wajah, dan leher (hindari area mata yang sensitif) Biarkan selama 20 menit Cuci bersih dengan air dingin dan keringkan Ulangi sekali seminggu atau sesuai kebutuhan

 9. Perbanyak konsumsi air putih Melansir Health Line, tetap terhidrasi akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Mencukupi kebutuhan cairan harian juga akan membantu meningkatkan suasana hati dan perspektif Anda. Jika kulit Anda sering dan secara konsisten kekurangan hidrasi yang tepat, Anda akan melihat bahwa tanda-tanda penuaan lebih terlihat. 

 10. Yoga wajah Sama seperti otot kaki, otot wajah juga merespons latihan. Otot membentuk fondasi yang kuat untuk kulit, jadi ketika otot kehilangan kekencangannya, kulit akan mengikuti dan mulai kendur. 

Teori di balik senam wajah dan yoga wajah adalah bahwa senam wajah dapat mengencangkan otot wajah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengencangkan kulit.

 Jika merasa terganggu kulit kendur dan keriput, Anda bisa melakukan beberapa gaya atau gerakan yoga wajah berikut untuk mengencangkan kulit: Kepalkan kedua tangan, lalu tarik kedua pipi ke bagian bibir dengan kepalan tangan tersebut Tekan daerah sekitar mata dan alis menggunakan empat jari dengan posisi bibir terturup tapi tersenyum tipis Ucapkan huruf AIUEO untuk menarik otot wajah, lakukan 5-10 kali Isi mulut dengan udara, kembungkan ke kanan dan ke kiri secara bergantian Tarik kedua pipimu ke dalam (seperi disedot atau ditarik ke dalam) hingga terlihat habis

11. Latihan "sendok" Latihan ini sangat ideal untuk mengangkat tulang pipi, mengurangi lipatan nasolabial, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengencangkan serta memperkuat otot leher. Baca juga: 10 Cara Alami Mencegah Keriput Bagaimana cara melakukan latihan sendok untuk mengencangkan kulit wajah? Ambil satu sendok makan bersih, dan letakkan atau masukkan di antara bibi mulut Dengan menggunakan rahang Anda, angkat sendok makan Tersenyumlah dan pertahankan posisi itu selama 5 - 10 detik Relakskan pipi Anda untuk istirahat sejenak (10 detik) Ulangi 10 kali Lakukan latihan ini setiap pagi setelah Anda bangun dan setiap malam tepat sebelum tidur

 12. Latihan angkat mata Latihan ini sangat ideal untuk mengangkat kulit di sekitar mata dan tulang pipi. Latihan angkat mata diyakini dapat pula meremajakan kulit di sekitar mata dan dahi serta menghilangkan garis-garis halus. 

 Selain itu, latihan angkat mata akan memperkuat otot-otot di sekitar mata dan dahi. Bagaimana cara melakukan? Letakkan jari telunjuk dan jari tengah pada posisi gunting Tempatkan di samping mata Anda (satu di atas alis dan satu di atas tulang pipi) Dan mulailah menyipitkan mata berulang kali selama 20 detik Rilekskan mata Anda selama beberapa detik Ulangi 10 kali Lakukan latihan ini setiap pagi dan setelah Anda bangun dan setiap malam tepat sebelum tidur Penting untuk diingat bahwa cara mengencangkan kulit wajah secara alami mungkin membutuhkan waktu tidak sebentar dan upaya ekstra.


(https://health.kompas.com/read/2020/09/05/133300568/12-cara-mengencangkan-kulit-wajah-secara-alami?page=all)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.