Manfaat Terong: Buah Rasa Sayur yang Unik, Nutrisi Terbaik

 terong, sayur terongBaturaja Radio.Com -Terong adalah makanan berserat tinggi dan rendah kalori yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Konsumsi terong secara rutin dengan cara sehat untuk mendapatkan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terong mengandung sedikit lemak dan kolesterol, serta memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi makanan yang tepat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan atau melawan obesitas.

Serat yang terkandung dalam terong  juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Hal ini akan mengurangi kemungkinan kamu makan berlebihan. Sehingga upaya penurunan berat badan lebih maksimal.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkat kandungan antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 0,3 ons (10 ml) jus terong setiap hari selama dua minggu.

Di akhir penelitian, mereka memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang lebih rendah, dua penanda darah yang dapat menandakan saat terjadinya peningkatan risiko penyakit jantung.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa terong mungkin memiliki efek perlindungan pada jantung.

Dalam sebuah penelitian, hewan diberi makan terong mentah atau panggang selama 30 hari. Di Akhir penelitian, subjek memperlihatkan adanya peningkatkan fungsi jantung dan berkurangnya keparahan serangan jantung.

3. Mencegah Anemia

Tidak mendapatkan cukup zat besi bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kamu.

Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan rasa lelah dan lemah yang disebabkan oleh tidak cukupnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Makan makanan seperti terong yang tinggi zat besi dapat membantu memerangi kondisi kesehatan seperti anemia.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Terong adalah sumber fitonutrien yang dipercaya dapat meningkatkan aktivitas kognitif dan kesehatan mental secara umum. Fitonutrien tidak hanya berfungsi untuk melawan aktivitas radikal bebas tetapi juga meningkatkan aliran darah ke otak.

Dengan mengirimkan lebih banyak darah ke otak, fitonutrien membantu meningkatkan memori dengan menstimulasi jalur saraf untuk berkembang.

5. Mencegah Kanker

Antioksidan adalah salah satu pertahanan terbaik tubuh manusia terhadap penyakit seperti kanker, serta banyak infeksi potensial lainnya.

Terong mengandung antioksidan alami yaitu mangan. Mengonsumsi makanan dengan antioksidan tingkat tinggi seperti mangan akan membantu memastikan bahwa organ tubuh kamu terlindungi.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Terong adalah sumber serat makanan yang baik yang merupakan elemen penting dalam diet seimbang.

Serat sangat penting untuk kesehatan saluran cerna dan membantu kamu untuk buang air besar secara teratur.

Serat juga merangsang sekresi cairan lambung yang memfasilitasi penyerapan nutrisi saat pemrosesan makanan.

7. Mendukung Kesehatan Tulang

Terong sangat baik untuk orang yang berisiko tinggi mengalami degradasi tulang dan osteoporosis karena sayuran ini mengandung senyawa fenolik.

Fenolik merupakan senyawa yang memberi warna unik pada terong dan banyak buah lainnya. Senyawa ini dapat mengurangi tanda-tanda osteoporosis, memperkuat tulang, dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Terong juga memiliki sejumlah zat besi dan kalsium yang juga merupakan nutrisi penting untuk mempertahankan kesehatan tulang secara keseluruhan.

8. Mengontrol Gula Darah 

Rutin mengonsumsi terong  dapat membantu menjaga gula darah kamu tetap terkendali berkat kandungan seratnya.

Serat dapat menurunkan gula darah dengan cara memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang lebih lambat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi lebih stabil.

9. Membantu Penderita Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan pasien dengan diabetes tipe 2 untuk memasukkan terong dalam pola makan mereka.

Karena kandungan seratnya yang tinggi dan memiliki kandungan karbohidrat dalam jumlah rendah, terong adalah makanan yang ideal untuk mengatasi penyakit ini.

Terong merupakan sayuran yang dapat mengatur glukosa dan aktivitas insulin di dalam tubuh. Ketika kadar insulin stabil dan tubuh tidak mengalami lonjakan kenaikan gula darah, efek samping diabetes yang berpotensi berbahaya dapat dihindari.

10. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Terong adalah sumber asam folat yang membuatnya baik untuk wanita hamil.

Mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah yang cukup secara langsung melindungi bayi dari cacat tabung saraf. Oleh karena itu, ibu hamil selalu disarankan untuk memantau asupan asam folatnya.

11. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Terong mengandung vitamin C, yang melindungi kulit dan tubuh kita dari kerusakan oksidatif. Vitamin C juga mencegah tanda-tanda penuaan lainnya, termasuk garis halus, kerutan, dan flek hitam.(tokopedia.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.