Presiden Minta Kepala Daerah Ingatkan Warga Disiplin Prokes

                                    Presiden Joko Widodo. 


Baturajaradio.com  -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kepala daerah di Indonesia untuk tak henti-hentinya mengingatkan warga dalam disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Permintaan Jokowi ini merespons geliat perekonomian yang mulai terlihat di daerah-daerah, terlebih menjelang Lebaran ini. 

"Kemampuan kita menekan penyebaran Covid-19 ini juga sudah mulai menggerakkan aktivitas ekonomi di daerah. Saya melihat momentum ini harus kita jaga. 

Saya minta kepada gubernur, bupati, wali kota untuk terus mengingatkan masyarakat untuk berdisiplin menjalankan prokes," kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Ahad (2/5). 

Jokowi juga meminta pemda bersinergi dengan pemerintah pusat dalam melarang warga melakukan perjalanan mudik Lebaran. Hal ini sudah jelas tertuang dalam peraturan pemerintah pusat dalam melarang mudik Lebaran periode 6-17 Mei 2021.

"Sekali lagi saya tegaskan, prioritas nomor satu tetap keselamatan dan kesehatan masyarakat. Taatilah prokes jangan lengah, jangan menganggap remeh dan tetap waspada," ujar Jokowi. 

Kepada masyarakat, Jokowi mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 belum usai dan penularannya secara nyata masih ada di tengah masyarakat. 

Presiden tidak ingin terjadi lonjakan kasus di Indonesia disebabkan lengahnya masyarakat dalam menaati prokes. 

"Kita harus tetap benar-benar waspada. Tetap tidak boleh lengah. Tidak boleh menyepelekan yang namanya Covid," ujar Presiden.

Kewaspadaan ini, imbuhnya, perlu terus dirawat kendati kurva kasus Covid-19 harian di Indonesia sudah melandai sejak diterapkannya PPKM skala mikro dan mulainya program vaksinasi. Tak hanya itu, angka kesembuhan juga terus menanjak dan jumlah kasus aktif bisa ditekan ke angka 100 ribu orang saat ini.

"Kemudian ada penurunan kasus harian, tapi jangan dulu berpuas diri. Jangan optimisme berlebihan. Jangan merasa situasi sudah terkendali. Jangan merasa sudah aman. Belum!" kata Jokowi. 

Jokowi menambahkan, upaya menekan kasus aktif Covid-19 perlu terus dilakukan. Salah satunya, dengan tetap menekankan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan prokes, baik bagi masyarakat yang sudah divaksinasi atau belum. 

"Baik yang berada di zona merah, zona orange, zona kuning, dan zona hijau, harus tetap berdisiplin menjalankan prokes. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," kata Jokowi.



(https://www.republika.co.id/berita/qshd17487/presiden-minta-kepala-daerah-ingatkan-warga-disiplin-prokes)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.