Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Bakteri Baturaja Radio.Com Manfaat air rendaman ketumbar pasti belum banyak yang mengetahuinya karena ketumbar ini biasanya hanya digunakan untuk penyedap rasa pada masakan. Namun sebenarnya ada juga yang sudah memanfaatkannya untuk mengobati masalah pada pencernaan seperti mual dan diare. Ketumbar ini satu jenis dengan wortel loh, karena akar, batang, daun, serta buahnya memiliki aroma yang menenangkan. Tidak jarang ketumbar juga digunakan untuk parfum, aromaterapi, kosmetik, obat-obatan, sabun mandi, sabun cuci, aroma makanan, dan aroma minuman.

Kandungan dalam ketumbar ini ada banyak sekali. Bahkan ada juga ibu menyusui yang memanfaatkan ketumbar untuk memperbanyak produksi ASI. Ada karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Seluruh kandungan tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah agar bisa lebih merasakan manfaat air rendaman ketumbar, akan lebih baik juga mengetahui dosis dan efek sampingnya. Karena ada beberapa kondisi yang membuat air rebusan ketumbar ini tidak boleh dikonsumsi, seperti untuk penderita penyakit hati, gangguan pernapasan, kulit sensitif, dan alergi terhadap ketumbar.

Air rebusan ketumbar ini akan memberikan efek samping yang berbeda pada masjng-masing orang, hal ini sangat berkaitan dengan usia pengonsumsi. Akan lebih baik jika mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman. 

Cara membuat ramuan agar manfaat air rendaman ketumbar bisa dirasakan ternyata cukup mudah. Bisa hanya dengan merendamnya dengan air semalaman dalam wadah. Bisa juga dengan menyangrai ketumbar terlebih dahulu kemudian baru direndam semalaman. Kemudian bisa juga dengan menyangrai ketumbar kemudian merebusnya, hal ini bisa dilakukan jika ingin mengonsumsi air rebusan dengan kondisi yang hangat.

Manfaat Air Rendaman Ketumbar

. Pencernaan

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-oksidan yang mampu membantu peregangan usus. Bahkan air rendaman ketumbar ini mampu mengatasi sindrom iritasi pada usus besar, diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan. Dan terakhir bisa membantu memproduksi enzim pencernaan.

2. Infeksi Jamur dan Bakteri

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mencegah adanya infeksi jamur dan bakteri. Seperti halnya pada kasus konjungtivitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Konjungtivitis ini dapat menyebabkan mata menjadi merah, mata terasa gatal, mengeluarkan cairan kental yang membentuk kerak, hingga membuat pembesaran pada kelenjar getah bening. Nah dengan mengonsumsi air rendaman ketumbar ini dapat meredakan penyakit ini dan mencegahnya juga.

Tidak hanya infeksi pada mata, tetapi juga infeksi pada saluran pernapasan hingga kulit yang disebabkan oleh kuman, virus, dan bakteri. Infeksi yang menjadi peradangan ringan hingga peradangan yang parah.

3. Diabetes

Manfaat air rendaman ketumbar ini terbilang cocok untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena rempah seperti ketumbar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan serat ini kemudian dapat membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darahnya.

Meskipun begitu, sebelum mengonsumsi air rendaman ketumbar akan lebih baik untuk mengonsultasikan dulu dengan dokter. Atau juga selalu memeriksa kadar gula darah untuk mengamati efektivitas penggunaan air ketumbar.

4. Peradangan

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengobati peradangan. Peradangan yang dimaksud ini seperti yang terjadi karena jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan anti-bakteri dalam ketumbar.

Bahkan air rendaman ketumbar juga dapat membantu meremajakan kulit seperti mengatasi kulit berminyak, dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga dapat membuat kulit terhindar dari iritasi dan infeksi.

5. Gigi dan Mulut


Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan karena sifat analgesiknya, sehingga mampu membantu meredakan sakit gigi. Selain itu juga memiliki sifat anti-bakteri yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut, sehingga gigi dan mulut bisa terhindar dari bakteri.

6. Wasir

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengatasi wasir. Hal ini disebabkan karena sifat analgesik yang membantu meredakan sakit akibat wasir. Wasir ini sebenarnya disebabkan oleh sembelit dan konstipasi, dan keduanya ini dapat dicegah juga dengan air rendaman ketumbar hingga mencegah terjadinya wasir.

7. Kolesterol

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah manusia. Karena jika kolesterol tidak terkontrol, akan membuat peredaran darah menjadi terhambat hingga menghambat fungsi jantung. Namun, sebelum mengonsumsinya tetap harus mengonsultasikannya dengan dokter.

8. Sendi

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mengatasi permasalahan sendi. Termasuk meringankan nyeri sendi. Hal ini disebabkan karena sifat analgesiknya dan kandungan asam linoleate dalam air rendaman ketumbar. Sehingga ketumbar juga bisa membantu meringankan penyakit hernia juga.


9. Batuk dan Pilek

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata bisa membantu mengobati dan mencegah batuk dan pilek. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam air rendaman ketumbar yang cukup tinggi. Vitamin C ini juga mengandung anti-oksidan yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. sistem imun inilah yang membuat virus dan bakteri sulit menginfeksi tubuh manusia.

10. Kulit dan Rambut

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata juga mampu menyehatkan kulit dan rambut. Mampu mengatasi jerawat dan mampu membuat rambut kepala mejadi lebih lebat. Karena air ketumbar inilah yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.(Liputan 6.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.