Cara Merawat Kuku Panjang agar Tetap Bersih, Sehat dan Cantik

Ilustrasi kuku

baturajaradio.com - Memanjangkan kuku adalah hal yang umum dilakukan banyak wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren, atau lebih tepatnya fashion. Merawat kuku bagi sebagian orang merupakan suatu kegiatan yang sepele. Namun, tahukah kamu jika merawat kuku ternyata sangat penting.

Bagi sebagian orang, melakukan perawatan kuku hingga beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah hal yang biasa. Di balik biaya yang mahal, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak di antara kita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit juga yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Berikut cara merawat kuku panjang yang di rangkum dari berbagai sumber:

Jaga kebersihan kuku secara teratur

1. Jagalah agar kuku tetap kering dan bersih

Cara merawat kuku panjang dengan menjaga kuku tetap kering dan bersih. Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci.

Kamu juga harus memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara merawat kuku panjang adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.

2. Rawatlah kutikula dengan baik

Cara merawat kuku panjang selanjutnya adalah dengan merawat kutikula dengan baik. Kutikula sering dianggap bisa membuat penapilan kuku terlihat jelek. Saat manicure sendiri di rumah, seringkali kita tertarik untuk menyingkirkannya karena kurang sedap dipandang. Tapi tahukah kamu? Kutikula sangat besar peranannya dalam membantu pertumbuhan dan melindungi kuku, karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung bagi matrix kuku.

Cara merawat kuku panjang pada kutikula:

Jangan menyingkirkan atau memotong kutikula karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, sehingga menyebabkan kuman atau penyakit mudah masuk .

Jika kamu ingin kuku terlihat lebih panjang dan lentik, sebaiknya dorong kutikula dengan menggunakan manicure stick secara lembut dan hati-hati.

Kutikula sangat mudah kering, terkelupas, bersisik, dan retak-retak. Agar tetap sehat dan terlihat cantik, berikan pelembab secara rutin.

Hindari menggunakan cat kuku berbasis aseton dan kurangnya penggunaan sabun ketika mencuci tangan. Hindari kebiasaan menggigit kuku.

3. Jaga kebersihan kuku secara teratur

Cara merawat kuku panjang selanjutnya dengan menjaga kebersihan kuku secara teratur. Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Jika kamu memelihara dan memanjangkan kuku, pastikan memberikan waktu ekstra untuk membersihkannya demi menghindari penumpukan kotoran di bagian bawah kuku. Cara merawat kuku panjang terbaik dengan menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil.

Gunakan pelembab kuku

4. Gunakan pelembab untuk menjaga agar kuku tetap kuat

Cara merawat kuku panjang lainnya adalah menggunakan pelembab. Pelembab yang dimaksud di sini bukanlah pelembab khusus kuku, melainkan pelembab untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Oleh sebab itu, berikan pelembab secara rutin. Selain itu, seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, kamu juga wajib menerapkan minyak/cream khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan bersih.

5. Potonglah kuku secara teratur

Cara merawat kuku panjang selanjutnya adalah memotong kuku dengan teratur. Jika kamu memelihara kuku agar panjang dan cantik, kamu tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit bagian ujung. Dianjurkan memotong kuku secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudutnya agar tidak mudah patah.

6. Oleskan base coat untuk melindungi kuku

Cara merawat kuku panjang bisa juga dengan mengoleskan base coat. Menerapkan base coat sangat direkomendasikan karena ini merupakan pelindung terbaik bagi kuku yang tidak merepotkan dan tidak merusak penampilan kuku. Bahkan, coat justru akan membuat kuku terlihat lebih putih, mengkilat, serta bersih. Base coat juga sebaiknya diterapkan sebelum kamu menerapkan cat kuku. Fungsinya adalah untuk melindungi agar kuku tidak bersinggungan langsung dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku yang dapat menimbulkan masalah.

Pergunakan cat kuku dengan benar

7. Jangan mengikis cat kuku

Cara merawat kuku panjang selanjutnya dengan tidak mengikis cat kuku. Suatu saat, mungkin kamu merasa bosan dengan cat kuku atau ingin segera menggantinya dengan lukisan kuku yang baru, yang lebih cantik, dan lebih bagus. Akan tetapi, mengikis cat kuku dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya atau mengerik permukaan kuku secara kasar dapat menyebabkan kuku rusak dan jelek.

Cara terbaik untuk menghapus cat kuku adalah dengan memanfaatkan nail polish remover. Hindari bahan-bahan yang tidak direkomendasikan walaupun bisa menghapus cat kuku dengan cepat.

8. Hindari menggunakan gel dan akrilik

Cara merawat kuku panjang dengan menghindari pemakaian gel dan akrilik. Tidak disanksikan apabila gel dan akrilik bisa membuat kuku terlihat super cantik dan sangat menarik. Namun sayang, kedua bahan untuk mempercantik kuku tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada kuku. Jadi, hindari sepenuhnya penggunaan kedua bahan tersebut.

Acrylic powder mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Tidak hanya di permukaannya, melainkan juga hingga ke bagian bawah kuku. Selain itu, mekanisme pengeringan manicure gel berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit di sekitar kuku.

9. Jangan menggunakan manicure berbasis air

Cara merawat kuku panjang dengan tidak menggunakan manicure berbahan air. Hindari manicure berbasis air sebelum menerapkan cat kuku. Karena jika terkena air, kuku akan mengembang. Menerapkan cat kuku ketika sedang mengembang sangat tidak dianjurkan. Karena setelah mengering, kuku akan kembali menyusut seperti sedia kala. Menerapkan cat kuku saat kuku masih mengembang berpotensi menyebabkan cat kuku jadi retak dan mudah terkikis. Sebaliknya, gunakanlah atau pilihlah manicure berbasis minyak untuk membersihkan kuku sebelum dicat atau diwarnai.

10. Tidak hanya dari luar, ada juga wajib melakukan perawatan kuku dari dalam

Cara merawat kuku panjang dengan melakukan perawatan dari dalam. Kesehatan kuku sangat tergantung pada apa yang kita makan dan bagaimana cara kita merawatnya. Jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin serta mineral, yang dibutuhkan oleh kuku, akan membuat kuku mudah patah, mudah rusak, tidak mengkilap, kurang putih, serta rentan terkena penyakit.

Daftar makanan yang baik untuk merawat kuku

Nah, untuk memelihara kuku dari dalam, kamu wajib mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, vitamin E, zat besi, protein, magnesium, dan zink. Berikut adalah daftar makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral yang telah disebutkan di atas:

Kacang-kacangan

Buah bit atau beet-root

Kedelai

Biji-bijian

Susu dan produk susu

Daging atau ikan

Semua jenis sayur-sayuran, baik yang berdaun hijau maupun sayuran berwarna

Sumber Artikel:: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3785873/cara-merawat-kuku-panjang-agar-tetap-bersih-sehat-dan-cantik


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.