Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kemnaker Buat Perampingan Struktur Jabatan ASN di Pusat dan Daerah

Kemnaker lebih fokus dalam mengelola dan membina SDM ASN Ketenagakerjaan yang kompeten dan profesional, baik yang diperuntukan bagi Kemnaker, kementerian/lembaga lain, maupun pemerintah daerah.

baturajaradio.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merampingkan struktur jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini sebagai salah satu implementasi dari reformasi birokrasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Hal ini menjadikan kita lebih fokus dalam mengelola dan membina SDM ASN Ketenagakerjaan yang kompeten dan profesional, baik yang diperuntukan bagi Kemnaker, kementerian/lembaga lain, maupun pemerintah daerah," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (9/4/2021).

Anwar menambahkan perwujudan reformasi birokrasi di lingkungan Kemnaker dilakukan dengan merombak sejumlah jabatan struktural menjadi jabatan fungsional. Restrukturisasi ini dilakukan terhadap ASN di kantor pusat maupun UPTP di daerah.

Ia merinci, empat jabatan fungsional yang pembinaannya ada di Kemnaker adalah instruktur, pengawas ketenagakerjaan, mediator, dan pengantar kerja. Keempat jabatan fungsional tersebut adalah jabatan SDM yang dibutuhkan oleh dunia ketenagakerjaan.

"Jabatan-jabatan ini adalah SDM yang dibutuhkan di dunia ketenagakerjaan. Mereka ini tidak hanya bertempat di Kemnaker, namun juga di kementerian/lembaga lain, serta di Pemda," terang Anwar.

Ia mengatakan, Kemnaker juga telah menerapkan reformasi BLK. Reformasi ini bertujuan untuk menjadikan pelatihan vokasi melalui BLK sebagai ikon Kemnaker.

Dalam reformasi BLK, Kemnaker menerapkan langkah 6R, yaitu reformasi kelembagaan, redesain substansi pelatihan, revolusi SDM, revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.

Anwar menyampaikan kedua reformasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM ketenagakerjaan untuk mendukung menciptakan iklim ketenagakerjaan yang lebih baik.

"Saya ingin kita semakin bangga, semakin senang, untuk bekerja di tempat ini. Sehingga kita semakin memberikan yang terbaik bagi BLK, utamanya Kemnaker," cetus Anwar. 

Sumber Artikel:: https://news.detik.com/berita/d-5526802/kemnaker-buat-perampingan-struktur-jabatan-asn-di-pusat-dan-daerah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.