Cari Tahu 11 Manfaat Sawi Hijau yang Baik untuk Kesehatan

 

 Manfaat Sawi Hijau

Baturaja Radio .com - Pastinya kamu sudah tidak asing lagi mengonsumsi sawi hijau, bukan? Sayuran yang kerap diolah sebagai tumisan ini ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahkan, sawi hijau juga dikenal sebagai sayuran super karena kandungan serat, mineral, vitamin, dan fitonutrien yang ada di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat sawi hijau untuk kesehatan? Cari tahu 11 manfaatnya di sini!

Ini kandungan gizi sawi hijau per 70 gram:

  • Kalori: 9 Kkal
  • Protein: 1,05 gr
  • Karbohidrat: 1,53 gr
  • Serat: 0,7 gr
  • Kalsium: 74 mg
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,067 gr
  • Zat besi: 0,56 mg
  • Fosfor: 26 mg
  • Kalium: 176 mg
  • Magnesium: 13 mg
  • Sodium: 46 mg
  • Vitamin C: 31,5 mg
  • Vitamin A: 156 mikrogram
  • Vitamin K: 31,9 mikrogram
  • Folat: 46 mikrogram

 

Ini manfaat sawi hijau untuk kesehatan

1. Mengandung antioksidan

Salah satu manfaat sawi hijau yang pertama yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh seseorang. Bahkan, jika tidak ditangani secara serius, efek jangka panjangnya dapat merusak fungsi dan jaringan vital tubuh dan bisa memicu penyakit serius seperti kanker dan diabetes.

 

Salah satu kandungan pada sawi hijau, yaitu glutathione, vitamin C, dan vitamin A, serta dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

 

2. Untuk detoksifikasi

Pola makan yang tidak sehat serta polusi yang tersebar di sekitar pastinya bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Nah, sawi hijau sendiri bisa berperan sebagai detoksifikasi alami karena mengandung antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui proses buang air besar.

 

Turunan klorofil dalam sawi hijau juga bermanfaat untuk menetralkan logam berat dan bahan kimia yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh pun dapat lebih sehat dan terbebas dari racun.

 

 

3. Mencegah kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya berperan besar pada risiko penyakit jantung. Apalagi, kolesterol jahat kerap menumpuk di pembuluh darah dan dapat menyebabkan arteri menyempit, sehingga mengganggu peredaran darah ke jantung.

 

Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kolesterol baik dapat diubah menjadi asam empedu yang dapat membantu memecah lemak dalam makanan. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan.

 

4. Kaya akan serat

Makanan kaya akan serat tentunya dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Serat akan diubah menjadi energi, sehingga kamu memiliki tenaga dan lebih siap beraktivitas.

 

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi hijau atau jenis sayuran hijau lainnya cenderung lebih sehat dan terjaga dari penyakit seperti kanker usus besar, wasir, sembelit, serta kolesterol.

 

5. Sumber fitokimia, glukosinolat, dan fenol

Sayuran berdaun hijau adalah sumber fitonutrien. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Glukosinolat dan fenol yang berlimpah pada sawi hijau juga akan memproteksi tubuh dari dalam.

 

6. Menjaga kondisi tubuh tetap fit

Vitamin C bertindak sebagai vasodilator dan antioksidan untuk mencegah tubuh dari kerusakan sel, sehingga dapat memperkuat dan mencegah timbulnya penyakit seperti kanker.

 

Vitamin C juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit dan virus. Untuk itu, saat musim hujan dan pancaroba tiba, pastikan kamu mengkonsumsi sawi hijau dalam menu makanan kamu.

 

7. Mengobati psoriasis

Psoriasis adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Penyakit ini ditandai dengan ruam merah, kulit terasa kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang juga ditandai dengan rasa gatal dan nyeri. Psoriasis kerap muncul di daerah sekitar lutut, siku, punggung bagian bawah, bahkan kulit kepala.

 

Kandungan sawi hijau dinilai mampu berperan dalam memfasilitasi stimulasi enzim, seperti superoksida dismutase dan katalase yang dapat menenangkan peradangan dan memberikan efek pereda nyeri pada orang yang menderita psoriasis.

 

8. Mencegah menopause

Menopause terjadi karena tulang kehilangan kepadatannya. Menopause sendiri lebih sering terjadi pada wanita usia lanjut. Kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin K yang ada pada sawi hijau dinilai mampu menjaga kepadatan tulang dan struktur tulang dengan baik, sehingga dapat menekan permasalahan seperti osteoarthritis, osteoporosis, bahkan menopause.

 

9. Mengatasi beberapa gangguan pernafasan

Sawi hijau merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Bahkan, sayuran ini dapat memproteksi tubuh dari beberapa infeksi virus gangguan pernapasan seperti flu dan pilek. Vitamin C yang dimilikinya juga mampu membantu meringankan radang sinus dan mengurangi risiko asma.

 

 

10. Sumber nutrisi

Sawi hijau juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan fenol dan flavonoid pada sawi hijau membuatnya menjadi salah satu makanan yang cocok mendukung pola diet. Faktanya, 100 gram sawi hijau (dimasak) mengandung 3 gram serat makanan, 3 gram protein, 524% vitamin K dari nilai harian, 19% mangan, 10% kalsium, 7% vitamin B6, dan 59% vitamin C.

 

11. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K juga dinilai lebih unggul daripada kalsium dalam hal menjaga kepadatan tulang. Sawi hijau sendiri mengandung hingga 524% asupan Vitamin K dari nilai harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Faktanya, banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin K. Hal ini tentu bisa memicu berbagai penyakit degeneratif tulang. Oleh karena itu, mengonsumsi sawi hijau secara rutin sangat baik untuk kesehatan tulang serta mampu menjaga kepadatan tulang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.(blog.sayurbox.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.