62 Kelurahan di Kota Palembang ZONA MERAH! Sebelumnya Hanya 54 Kelurahan, Sekda Mendadak Cek Posko

62 Kelurahan di Kota Palembang ZONA MERAH! Sebelumnya Hanya 54 Kelurahan, Sekda Mendadak Cek Posko

baturajaradio.com - Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Palembang masih berada di Zona Merah.

Jika sebelumnya, ada 54 kelurahan kini bertambah lagi sehingga total menjadi 62 kelurahan.


Berdasarkan data Dinkes Kota Palembang, dari jumlah tersebut, Kecamatan Alang-Alang Lebar dan Sukarami semua kelurahannya dalam kondisi zona merah.


Sedangkan, Kecamatan Plaju dan Ilir Barat I paling juga mendominasi.


Untuk di Kecamatan Plaju ada tiga kelurahan yang berada di zona resiko rendah, yakni Kelurahan Talang Putri, Bagus Kuning.


Sementara Kelurahan Plaju Ulu, Plaju Ilir, Talang Bubuk, dan Plaju Darat semua berada di zona resiko tinggi alias zona merah.


Sementara untuk di Ilir Barat I, kelurahan Lorok Pakjo, Siring Agung, Bukit Lama, Bukit Baru, dan Demang Lebar Daun statusnya berada di zona resiko tinggi.


Hanya kelurahan 26 Ilir D-1 yang berada di zona Tidak ada resiko atau zona hijau.


Menanggapi kondisi banyaknya kelurahan yang dalam kondisi status zona merah, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa secara mendadak melakukan pemantauan ke Posko yang ada di tingkat kelurahan.


Salah satunya di Posko kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami.


Mengingat, saat ini Palembang dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.


Hasilnya, kesiapan posko diakui Dewa sudah cukup siap.


Hanya saja memang perlu dilakukan penertiban melalui razia agar kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dimana pun berada.


"Poskonya tadi saya lihat sudah siap, tapi sekali lagi untuk keluar dari zona merah ini butuh peran serta dari masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan."


"Minimal harus menjalankan 3M saat keluar rumah," katanya, Selasa (20/4/2021)

Lanjut Dewa, Posko yang ada di tingkat kelurahan menjadi ujung tombak untuk bisa mengoptimalkan penekanan angka kasus Covid-19 di Kota Palembang.


Di sinilah, tim terpadu dari Satpol PP, TNI/Polri, Dinkes hingga tokoh masyarakat tergabung untuk memberikan edukasi lebih masif pada masyarakat terkait protokol kesehatan


"Karenanya untuk di zona-zona merah akan mulai kita lakukan razia untuk mengedukasi masyarakat agar tak kendor protokol kesehatan. Besok razia akan mulai dari pasar pagi," kata Dewa.


Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Palembang Yudhi Setiawan mengatakan, data sebaran kasus tersebut terhitung 11-17 April kemarin yang diambil datanya dari 41 Puskesmas di Palembang.


"Ada kelurahan yang berubah statusnya keluar dari zona merah, ada juga yang masih sama atau trennya tetap tapi angka kematiannya meningkat," katanya.


Seperti di Kecamatan SU II Kelurahan Tangga Takat yang pada pekan perhitungan sebelumnya berada di zona merah sekarang statusnya berada di zona resiko rendah dan tidak ada zona resiko atau zona hijau

"Kami selalu mengimbau agar masyarakat tetap disiplin Prokes saat keluar rumah," katanya.



Sumber Artikel:: https://palembang.tribunnews.com/2021/04/20/62-kelurahan-di-kota-palembang-zona-merah-sebelumnya-hanya-54-kelurahan-sekda-mendadak-cek-posko?page=3.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.