Vaksin Tersedia, Jokowi: Kita Bisa Cegah Meluasnya Covid-19

Presiden RI, Joko Widodo berharap vaksin Covid-19 bisa segera mencegah meluasnya penularan. 

Baturajaradio.com   -- Pemerintah telah menerima kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada Ahad (6/12) malam. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan, dengan ketibaan vaksin di Tanah Air, pemerintah dapat segera mencegah meluasnya wabah Covid-19 di masyarakat.

"Kita amat bersyukur Alhamdulilah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa segera mencegah meluasnya wabah Covid-19," ujar Jokowi.

Meskipun begitu, program vaksinasi belum bisa langsung dilaksanakan. Ia menjelaskan, masih diperlukan tahapan dan prosedur lainnya dari BPOM setelah vaksin tersebut tiba di Tanah Air.

Jokowi menegaskan, seluruh tahapan prosedur penyiapan vaksin harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin. Pertimbangan ilmiah dan hasil uji klinis ini akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai.

Setelah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, pemerintah juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021. Selain vaksin dalam bentuk jadi, Jokowi menyebut dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan pada Januari 2021 sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah yang selanjutnya akan diproses oleh PT Bio Farma.

Jokowi menyampaikan, nantinya vaksinasi tak bisa dilakukan secara serempak kepada seluruh masyarakat di berbagai daerah. Karena itu, ia meminta seluruh pihak mengikuti petunjuk dari para petugas terkait vaksinasi.

"Terakhir, meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, tetap disiplin 3M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, selalu harus terus kita lakukan," ucap Jokowi.


(https://republika.co.id/berita/qkxvwu423/vaksin-tersedia-jokowi-kita-bisa-cegah-meluasnya-covid19)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.