Resep Sayur Lodeh Sederhana Menggugah Selera

 Baturja Radio.ComDi masa pandemi COVID-19, kesehatan keluarga tentu menjadi prioritas utama ya. Bunda pasti ketar-ketir bila si kecil mengonsumsi makanan dari luar yang tak terjamin kebersihannya.

Oleh karena itu, agar kesehatan dan imunitas keluarga tetap terjaga, memasak aneka menu utama berbahan dasar sayuran bisa menjadi pilihan yang tepat nih, Bunda.

Dengan mengonsumsi sayuran, tubuh akan memperoleh nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan mineral yang bermanfaat baik buat tubuh.

Nah, salah satu menu yang kerap jadi menu andalan banyak orang adalah sayur lodeh. Menu sayur lodeh sendiri merupakan masakan sayuran berkuah santan khas Jawa.

Memiliki cita rasa gurih dari kuah santannya ditambah bumbu rempah yang kuat, sayur lodeh kerap kali menjadi lauk untuk pendamping nasi putih hangat. Menu makanan ini termasuk istimewa. Selain bergizi, sayur lodeh juga mudah dibuat, bahan-bahannya pun sederhana dan yang paling penting rasanya tentu lezat, Bunda.

Umumnya bahan utama sajian ini berupa labu siam, nangka muda, kacang panjang, dan tempe. Namun, Bunda bisa lho menambahkan elemen lain untuk memperkaya rasa. Misalnya udang, bakso ikan, cumi, atau terong.

Kalau Bunda tertarik ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut ini 3 resep sayur lodeh sederhana menggugah selera, dirangkum dari berbagai sumber. Selamat mencoba ya, Bunda!

1. Resep lodeh terong

Bahan:

3 buah terong, potong melintang
5 lonjor kacang panjang, potong-potong
200 gram kluwih, cacah kasar
1 ikat kecil daun melinjo muda
200 gram santan kental
200 ml santan cair
7 siung bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
5 mata petai
1 sdt rese atau udang kecil kering
4 buah cabai merah, iris halus
1 ruas lengkuas
Sejumput garam
Secukupnya tempe semangit
Secukupnya gula kelapa

Cara membuat:

1. Cuci bersih kluwih untuk menghilangkan getahnya, lalu rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2. Siapkan wadah. Masukkan santan cair, cabai merah, bawang merah, bawang putih, tempe semangit, rese, petai, dan lengkuas. Masak dengan api kecil sampai mendidih ya, Bunda.

3. Masukkan kluwih, kacang panjang, dan terong. Lalu, aduk hingga merata. Tuang santan kental, gula, garam, dan daun melinjo muda sambil diaduk perlahan. Masak sampai matang.

4. Lodeh terong siap disajikan. Santap selagi hangat ya, Bunda (haibunda.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.