Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pucuk Lumai, Simak 10 Manfaatnya

 

Daun LumaiBaturaja Radio.com Nama daun lumai mungkin masih asing bagi banyak orang namun sudah sangat familiar bagi masyarakat Bengkulu. Daun Lumai akrab juga disebut pucuk lumai oleh orang Bengkulu, sebutan pucuk untuk meggambarkan daun lumai muda yang biasanya dimasak untuk sayuran. 

Lumai (Leunca) adalah sayuran yang sangat dikenal sebagai bahan lalapan, terutama pada jenis masakan sunda. Nama latin dari sayuran ini adalah Solanum Nigrum L termasuk dalam keluarga solanaceae atau labu – labuan. Asalnya dari Eropa dan Asia Barat lalu menyebar luas melalui Malaysia. Sejak lebih dari 2000 tahun lalu, lumai telah digunakan sebagai obat – obatan herbal. Di Meksiko, buah dan daunnya digunakan untuk obat sakit kepala. Di Cina, keduanya digunakan untuk pengobatan radang ginjal dan kandung kemih, juga sebagai obat anti diare. 

Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa lumai atau leunca memiliki manfaat anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, agen anti neoplastik dan berfungsi sitoprotektif untuk melawan kerusakan sel pada ginjal. Manfaat daun lumai atau daun leunca untuk kesehatan bisa Anda simak dalam pembahasan berikut ini.

1. Sebagai anti kanker

Lumai mengandung anti kanker yang berasal dari amigladin atau vitamin B17 yang memang berkhasiat sebagai obat kanker. Buah aprikot memiliki kandungan vitamin B17 yang paling tinggi. Manfaat daun lumai atau manfaat leunca yang mengandung vitamin tersebut juga tidak kalah dengan aprikot sebagai makanan anti kanker. Ketahui manfaat buah ranti, manfaat sayur lalapan , manfaat takokak dan manfaat buah rimbang yang sejenis dengan leunca.

2. Menurunkan demam

Siapa saja bisa mengalami demam baik itu anak – anak ataupun orang dewasa. Kadangkala demam dapat disembuhkan tanpa obat – obatan kimia, dan bisa diatasi dengan konsumsi bahan – bahan alami seperti manfaat daun lumai. Zat antipiretik didalamnya dipercaya bisa menurunkan panas tubuh secara alami, sehingga tidak perlu mengonsumsi obat – obatan kimia terutama untuk kasus demam ringan.

3. Mengobati infeksi pada saluran kemih

Sebagian besar penderita infeksi saluran kemih adalah wanita walaupun tidak menutup kemungkinan jika pria juga dapat mengalaminya. Daun lumai akan bersifat sebagai diuretik yaitu meluruhkan atau melancarkan saluran kemih penderitanya. Ketahui juga manfaat daun cherry, manfaat daun gerseng dan manfaat daun balakacida.

4. Sebagai anti peradangan

Tubuh yang mengalami peradangan akan beresiko mengalami berbagai penyakit berbahaya. Konsumsi manfaat daun lumai yang biasanya dimasak sebagai sayur pelengkap makan sehari – hari akan membantu menurunkan atau mengurangi peradangan pada tubuh sehingga dapat mencegah Anda mengalami berbagai penyakit yang sulit disembuhkan. Diantaranya adalah penyakit radang ginjal, radang tenggorokan dan yang lainnya.

5. Menurunkan kolesterol

Tingginya tingkat kolesterol pada tubuh bagi Anda yang gemar makanan berlemak dapat menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari penyumbatan pembuluh darah, stroke dan sakit jantung adalah resiko yang bisa dialami. Manfaat daun lumai akan membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tidak meningkat, namun harus diimbangi juga dengan perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

6. Meningkatkan kinerja hati

Hati adalah organ tubuh yang berfungsi untuk membuang racun – racun dari dalam tubuh. Manfaat daun lumai yang dimasak sebagai lalapan atau sayur tumis juga dapat meningkatkan kinerja hati sehingga tubuh dapat menjalankan fungsi detoksifikasinya dengan lancar. Membuang racun dari dalam tubuh juga berguna untuk meminimalkan resiko terjadinya penyakit yang berbahaya dalam tubuh Anda.

7. Meredakan batuk

Batuk yang terus menerus sudah pasti akan menyiksa dan menyulitkan Anda beraktivitas. Mungkin banyak orang belum mengetahui manfaat daun lumai yang satu ini. Daun lumai dapat menjadi antitusif dan ekspektoran alami bagi tubuh terutama ketika Anda sedang mengalami batuk yang membuat tenggorokan gatal dan berdahak. Leunca adalah pengganti obat batuk yang lebih alami, untuk membantu mengencerkan dahak agar lebih mudah dikeluarkan.

8. Mengatasi keputihan

Para wanita sering mengalami masalah keputihan ini, bahkan hingga menyebabkan bau tidak sedap dan rasa gatal di sekitar organ kewanitaannya. Manfaat daun lumai bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan keputihan tersebut. Cara mengatasi keputihan dengan daun lumai yaitu:

  • Siapkan 30 gram bunga putih jengger dan 30 gram daun lumai atau daun leunca.
  • Rebus semua bahan yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air.
  • Tunggu sampai mendidih dan air tersisa sebanyak satu gelas.
  • Minum secara rutin sampai keputihan teratasi.

9. Mengatasi disentri

Disentri adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami diare akut hingga mengalami pendarahan ketika buang air besar. Sebabnya adalah peradangan pada usus. Cara tradisional untuk mengatasi disentri adalah dengan menggunakan leunca. Namun jika disentri Anda sudah terlalu parah, sebaiknya tetap mencari pengobatan ke dokter.

10. Mengatasi penyakit kulit

Manfaat daun lumai juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti gatal – gatal atau kutil. Kandungan zat antipuritus didalamnya bermanfaat untuk mengusir masalah gatal pada kulit yang sangat mengganggu, dan juga menghilangkan kutil yang didapatkan dari getah daun leunca.

Manfaat daun lumai atau leunca untuk kesehatan memang sangat banyak dan ampuh, akan tetapi waspadai juga efek samping yang bisa terjadi. Tanaman ini juga mengandung racun, baik itu berasal dari buah atau daunnya dan dapat menyebabkan keracunan. Daun lumai tua mengandung glikoalkaloid solanin, dan buah mentah mengandung alkaloid dalam jumlah tinggi. Karena itu mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan muntah, iritasi pada lambung, sakit perut, berliur, mengantuk, diare, lemas, gemetaran dan gangguan pada pernapasan.(.bengkuluinteraktif.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.