Durian OKU Selatan Mulai Dipanen, Jelang Nataru 2021 Harganya Masih Tinggi

Durian OKU Selatan Mulai Dipanen, Jelang Nataru 2021 Harganya Masih Tinggibaturajaradio.com - Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Kabupaten OKU Selatan  khususnya di wilayah Kecamatan Muaradua bermunculan pedagang durian.

Hal ini terjadi karena di sejumlah kecamatan di OKU Selatan sudah mulai panen durian.

Terpantau, buah durian lokal yang dipasarkan berasal dari beberapa kecamatan yang belum merata mengalami panen, sementara ini seperti Kecamatan Buana Pemaca, Buay Pemaca, dan Kecamatan Simpang yang mulai berguguran.


Tak hanya itu, mengingat pemasok durian masih terbatas serta menjadi bulan-bulanan pembeli harga perbuah dipatok masih cukup tinggi, yakni mulai dari Rp 35 ribu hingga 65 ribu per buahnya menyesuaikan berdasarkan ukuran buah.

“Satu buahnya ukuran kecil dan sedang Rp 30-35 ribu, untuk yang besar kisaran Rp 65 ribu," ujar Andian pedagang dari Kecamatan Simpang.

Menurutnya, diperkirakan panen buah durian mengalami puncaknya dipertengahan bulan Januari awal tahun, serta diprediksi bakal banjir karena juga akan dipasok dari luar daerah.

"Perkiraan buah durian akan mulai banjir awal tahun baru nanti hingga pertengahan Januari karena akan mulai banyak yang berguguran, serta dipasok dari luar daerah juga," ujar Andian.


Terpisah, pedagang lainnya, Azam dari wilayah Kecamatan Buay Pemaca yang menjajakan buah durian di tepian jalan komplek perkantoran Pemkab OKU Selatan dalam seminggu terakhir hanya mampu menjual kisaran kurang dari seratus buah.

"Tidak banyak yang dijual, sehari itu kisaran 80 sampai 90 buah, sebab belum musim panen,"ujarnya.

Pantauan Sripoku.com, mengingat belum puncak musim panen buah durian yang kerap menjadi primadona masyarakat tersebut belum memiliki kualitas yang baik, seperti halnya rasa kurang manis serta isi buah yang masih mentah.



(https://palembang.tribunnews.com/2020/12/22/durian-oku-selatan-mulai-dipanen-jelang-nataru-2021-harganya-masih-tinggi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.