Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

7 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja Agar Kembali Bersemangat



Baturaja Radio.com - Setelah bersantai di akhir pekan pasti rasanya berat untuk kembali masuk kerja di hari Senin. Untuk itu, penting bagi pekerja untuk mencari motivasi kerja agar bisa semangat kembali menyambut hari Senin.


Apalagi jika mengingat suasana kantor yang membuat jenuh, tugas dan deadline yang menumpuk serta target yang harus dicapai. Hal-hal seperti ini bisa menurunkan motivasi kerja dan mempengaruhi kinerja kalian.
Berikut tujuh cara meningkatkan motivasi kerja agar selalu semangat menyambut hari Senin yang dirangkum Wolipop dari The Muse:

1. Jangan Anggap Pekerjaan Sebagai Beban

Motivasi kerja yang harus selalu diingat adalah jangan menganggap pekerjaan sebagai beban yang berat. Anggap proyek yang kalian lakukan sebagai bagian dari puzzle yang bisa membantu kalian meningkatkan jenjang karier, dengan begitu energi yang dibutuhkan untuk bekerja akan datang dengan mudah.

2. Buat Goal yang Lebih Kecil

Mengerjakan proyek besar pasti akan membuat kalian kebingungan harus mulai dari mana. Untuk itu daripada fokus pada goal berskala besar yang mengerikan lebih baik pecahkan goal tersebut menjadi porsi yang lebih kecil yang bisa dikerjakan secara perlahan.

3. Rajin Membaca

Menyisihkan waktu untuk membaca di saat ingin mencari motivasi kerja terdengar kontra-produktif. Tapi, kadang melakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita bisa membantu produktivitas.

Bangunlah kebiasaan membaca setiap hari, dimulai dari 20 menit di pagi hari selama satu bulan. Kebiasaan ini akan membentuk cara berpikir kalian secara jangka panjang sekaligus menginspirasi kalian.

Sebagai motivasi tambahan, banyak orang sukses yang menyebut kebiasaan membaca buku membantu kesuksesan mereka. Sebut saja Bill Gates, Warren Buffett dan Elon Musk.

4. Abaikan Hal Tidak Penting

Cara meningkatkan motivasi kerja untuk karyawan antara lain dengan mengabaikan hal tidak penting. Perhatikan to-do list kalian dan cari kegiatan atau tugas yang menurunkan motivasi dan tidak perlu dilakukan.

Coret kegiatan tidak penting tersebut dari agenda kalian. Kalian akan terus termotivasi untuk bekerja keras jika melakukan tugas yang benar-benar berarti atau bagian dari misi yang lebih besar.
5. Jangan Lupa Istirahat

Ketika sudah sampai di kantor, jangan terlalu fokus untuk menyelesaikan masalah hingga berjam-jam karena ini justru tidak produktif. Berhenti sejenak dan istirahatlah setiap satu atau dua jam.

Jangan habiskan waktu kalian hanya duduk di depan meja. Berdiri sejenak, luruskan kaki dan istirahatkan mata, maka kalian bisa kembali bekerja dengan jiwa dan raga yang lebih segar.

6. Cari Tujuan Bekerja

Contoh hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja adalah dengan mengingat tujuan kalian bekerja. Semua orang pasti memiliki tujuannya sendiri untuk bekerja, misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membantu biaya sekolah adik, membiayai pengobatan orang tua atau untuk melanjutkan pendidikan.

Jangan lupakan juga tujuan profesional yang mendorong kalian bekerja. Kalian harus tahu bahwa pekerjaan yang kalian lakukan membawa perubahan dalam caranya sendiri, misalnya pada klien, perusahaan atau bahkan dunia.

7. Rayakan Semua Pencapaian

Cara meningkatkan motivasi kerja lainnya adalah dengan mengakui semua hal baik yang kalian lakukan, termasuk hal-hal kecil yang mungkin sebelumnya kalian anggap remeh.

Jika kalian selalu menunggu mendapatkan pencapaian yang sifatnya jangka panjang, kalian bisa lupa betapa pentingnya pencapaian kecil yang bisa dicapai sehari-hari.

Hal ini bisa membuat motivasi kalian menurun, apalagi jika tidak ada "hadiah" yang menunggu kalian. Manjakan diri kalian dengan merayakan semua pencapaian, sekecil apa pun itu.

https://wolipop.detik.com/worklife/d-4771076/7-cara-tingkatkan-motivasi-kerja-agar-kembali-bersemangat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.