Sosialisasikan Pilkada OKU 2020, KPU 'Ngopi' Bareng Insan Pers

Baturajaradio.com - Santai tapi serius. Begitulah gambaran suasana pertemuan insan pers dengan jajaran Komisioner KPU OKU, Selasa malam (18/8) pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. Acara yang dipusatkan di Cafe and Resto,  Raja Kuliner, Bakung, Baturaja. Ya, Ngobrol Pilkada (Ngopi), dengan tema Pilkada OKU Ditengah Pandemi Covid 19.
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, mengatakan pihaknya sengaja mengundang perwakilan insan pers baik media cetak, elektronik maupun online sebagai pilar keempat demokrasi Indonesia, agar ikut membantu menyukseskan Pilkada OKU 2020. "Kami yakin dan percaya rekan rekan sekalian bisa membantu sosialisasikan Pilkada OKU 2020. Bantu kami. Mari kita sukseskan Pilkada OKU," ujar Naning saat membuka acara Ngopi bersama insan pers.

Dikatakan, acara yang sama dengan tema dan peserta yang berbeda kembali akan diadakan di empat titik lainnya, diantaranya di zona wilayah Kecamatan Lubuk Raja dan Peninjauan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 9 Desember 2020.
"Makanya yang perdana ini, kita sengaja mengundang rekan rekan media dan menghadirkan ketiga narasumber yang saya yakin sangat berkompeten dalam bidangnya masing-masing," papar Naning sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dr Hendra Alfani, S.Sos. M.IKom (akademisi dosen Universitas Baturaja), Purwadi Rozali, S.P (Ketua PWI OKU-unsur media) dan Jaka Irhamka, S.H (Komisioner KPU OKU bidang hukum). 

Hendra Alfani, menyampaikan beberapa hal seputar Pilkada OKU 2020 untuk memancing diskusi santai tersebut. Pilkada OKU ini kata Hendra cukup seksi untuk dibahas karena disamping dilaksanakan di tengah Pandemi Covid 19, dari hari ke hari semakin dinamis. Untuk itu, lanjut Hendra, dirinya memberikan apreasi yang tinggi kepada pihak KPU OKU selaku penyelenggara Pilkada yang telah menggelar acara serius tetapi dikemas dengan santai. "Kita tahu selama ini bicara Pilkada selalu serius. Tapi kali ini KPU menyajikan acara serius tapi dikemas dengan santai Ngopi (ngobrol pilkada) bersama insan pers," aku Hendra.


Ketua PWI OKU, Purwadi Rozali, mengajak insan pers di Kabupaten OKU untuk membantu KPU menyukseskan Pilkada OKU dengan menyampaikan informasi yang baik dan benar serta menyejukkan. "Mari kita bantu KPU untuk menyukseskan Pilkada OKU 2020. Kita boleh menyampaikan informasi dan menjalankan fungsi kontrol, tetapi hendaknya informasi menyejukkan, tidak provokatif dan membuat kegaduhan," kata Purwadi sembari mengajak insan pers untuk menaati UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers dan kode etik jurnalistik sehingga tercipta suasana yang kondusif. 

Sementara Jaka Irhamka, menyampaikan seputar hal-hal teknis berkaitan pelaksanaan Pilkada. Seperti tahapan Pilkada, Peraturan KPU dan beberapa hal teknis lainnya. Intinya kata Jaka pihak ya selaku perpanjangan KPU RI akan menjalankan aturan dan regulasi yang ada.
Sampai sekarang segala persiapan terus dilakukan untuk kesuksesan penyelenggaraan Pilkada OKU. "Kita sangat mengaharapkan dukungan rekan rekan media untuk menyukseskan Pilkada OKU ini. Target KPU RI dalam pilkada serentak 2020 ini angka partisipasi pemilih 79%. Kita akan berusaha mencapainya meski ditengah Pandemi Covid19. Kita berhap bantuan rekan rekan media untuk menyukseskan Pilkada."

Dialog dan diskusi diselingi dengan lagu lagu pop nostalgia. Beberapa peserta pun ada yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada narasumber. Di akhir acara, insan pers, jajaran komisioner KPU dan unsur kepolisian Polres OKU bersama sama mendeklarasikan mendukung pelaksanaan Pilkada OKU 2020 yang damai, aman dan sukses. (pur)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.