UMKM Dambakan Pusat Pengelolaan Pemasaran Kopi dan Penjualan Produk Khas Daerah OKU Selatan

UMKM Dambakan Pusat Pengelolaan Pemasaran Kopi dan Penjualan Produk Khas Daerah OKU Selatanbaturajaradio.com - Mendukung para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten OKU Selatan, pengelola UMKM mendambakan adanya 

pusat pengelolaan pemasaran kopi dan pusat pembelanjaan khas daerah OKU Selatan.
Dikatakan Ketua Forum UMKM OKUS Rohman SPd, MPd, kegunaan Center dalam pengelolaan UMKM bertujuan dalam melakukan pengelolaan bubuk kopi berkualitas serta packaging kemasan agar dapat terkondisi dengan baik serta memiliki produk yang berkualitas.

"Kalau berbicara potensi dan kreativitas (UMKM) kita tidak diragukan lagi, namun terkendala dengan pengelolaan seperti kemasan dan cara meroasting biji kopi dan perlu adanya center atau tempat khusus untuk mengelola produk - produk umkm tersebut," terangnya, Rabu (24/6/2020).

Diungkapkan Rohman, perlunya brand mengingat produk bubuk kopi yang telah dikemas dengan brand atau merk sendiri di setiap Kecamatan dari petani penghasil kopi memiliki nilai jual yang jauh lebih tinggi dibanding dengan bubuk kopi dengan kemasan biasa.


Bahkan dibeberkan Rohman, kemasan bubuk kopi yang pilihan memiliki nilai jual lebih tinggi hingga 60 persen lebih, semula harga Rp 50 ribu perkilo tanpa kemasan setelah dikemas mencapai seharga Rp 80 ribu perkilogramnya.

Hanya saja, untuk meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM melalui fasilitas pendukung memerlukan kerja sama beberapa instansi Pemerintah untuk bersinergi merangkul para pelaku UMKM seperti halnya Dinas Pariwisata yang masih minim akan pusat pembelanjaan khas daerah pada pengunjung dan Diskoperindag yang dapat memberikan suport dalam pemasaran.

"Kita lihat seperti di lokasi wisata Danau Ranau masih minim sekali pusat belanja oleh- oleh khas daerah kita, disini juga perlu Diskoperindag dalam merangkul UMKM untuk menyediakan produk khas dari OKU Selatan."ujar pelaku UMKM yang pernah menjadi Guru di SMP Negeri 1 Kisam Ilir tersebut.


Sumber>>>https://palembang.tribunnews.com/2020/06/24/umkm-dambakan-pusat-pengelolaan-pemasaran-kopi-dan-penjualan-produk-khas-daerah-oku-selatan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.