Sumsel Masuk 5 Besar Kasus Positif Covid-19, Meskipun Penambahannya Cenderung Menurun

Sumsel Masuk 5 Besar Kasus Positif Covid-19,  Meskipun Penambahannya Cenderung Menurunbaturajaradio.com - Sumatera Selatan mendapatkan perhatian khusus dari presiden Joko Widodo karena tingginya kasus positif Covid-19.

Bahkan kata Yusri Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Sumsel, provinsi Sumsel pernah masuk peringkat lima besar dalam kasus positif Covid-19. Berdasarkan data pada 8 Juni 2020 jumlah kasus positif Covid-19 di Sumsel mencapai 1.158 kasus.

"Artinya wajar saja dari pusat berikan perhatian lebih, lalu dengan demikian berikan support dalam hal sarana prasarana sehingga kasus positif Covid-19 menurun meskipun saat ini kasus di Sumsel belum menurun," katanya, Senin (8/6/2020).

Dia menyebutkan, meskipun kasus positif baru Covid-19 di Sumsel terus bertambah namun angka penambahannya cenderung turun dibanding sebelum lebaran.

Adapun rincian kasus positif baru pada 8 Juni 2020 yakni sebanyak 27 kasus yang berasal dari Palembang 20, Banyuasin 1, Musi Banyuasin 1, PALI 2 dan Lubuklinggau 5 kasus.

"Di Sumsel kita belum bebas dari Covid-19 sehingga memang masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak saat di keramaian dan rajin cuci tangan," jelas Yusri.

Menurut Yusri, dengan adanya swab test gratis dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan sangat membantu kerja pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Kita melihat dengan banyaknya diadakan swab test, ya semakin baik. Perbandingannya harus ada 35.000 swab test dari 1 juta penduduk. Semakin banyak angka positif yang semakin kecil, berarti kita termasuk yang bebas Covid-19," ujarnya.

Hingga kini jumlah pasien sembuh dari infeksi Covid-19 berjumlah 47 kasus yang terdiri dari Palembang dengan 24 kasus sembuh, lalu masing-masing satu kasus sembuh untuk Musirawas, Banyuasin dan PALI, dua kasus sembuh untuk Prabumulih dan tujuh kasus sembuh di Lubuklinggau.

Sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 6.973 orang. Dari jumlah tersebut terdapat 4.833 orang selesai dipantau dan 2.140 orang masih dalam proses pemantauan.

Sementara itu, untuk total Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 693 orang, dengan rincian dilakukan pengawasan 284
orang dan masih dalam proses pengawasan 409 orang.(mg3)


Sumber>>>https://palembang.tribunnews.com/2020/06/08/sumsel-masuk-5-besar-kasus-positif-covid-19-meskipun-penambahannya-cenderung-menurun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.