Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Puan Minta Pemerintah Segera Perbaiki Data Penerima Bansos



Baturajaradio.com -Ketua DPR Puan Maharani berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan perbaikan data penerima bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19. Puan menekankan agar bantuan pemerintah itu diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk bisa bertahan selama pandemi.

"Karena memang ini adalah anggaran untuk mengatasi pemulihan dalam proses pandemi covid sampai nanti bulan Desember. Tiga bulan sudah berjalan, tiga bulan selanjutnya tentu nanti kita evaluasi juga terkait dengan program program bantuan pemerintah ini," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/6).

Puan menyatakan DPR dan pemerintah akan bersinergi dalam pengawasan pemberian bantuan sosial tunai warga terdampak pandemi covid-19. Selain itu, Puan juga menyoroti soal mekanisme serta penentuan waktu pemberian bantuan. Ia mencontohkan harusnya ada penentuan tanggal pemberian bantuan di tiap-tiap wilayah.

"Ini menjadi salah satu evaluasi yang nanti saya sampaikan kepada pemerintah. Supaya itu untuk mengurangi penumpukan dan antrian yang tadi katanya bisa sampai tiga jam untuk pencairan bantuan tunainya," ujar Puan dalam kegiatan penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Selasa, (23/6).

Mantan Menko PMK itu juga meminta agar pemerintah menggencarkan sosialisasi pembagian bansos, sebab menurutnya masih banyak warga yang belum mengetahui pembagian bantuan. Hal itu diketahui Puan saat ia berdialog dengan salah seorang penerima bantuan sosial

"Terkait tanggal ini penting sekali, agar mereka itu datang bisa tepat tanggal. Tadi saya bertanya tanggal berapa biasanya dapat (bansos) bu? Dia enggak ingat, artinya tanggalnya itu tidak diputuskan," ucapnya.

Menurut Puan, seharusnya penyerahan bansos bisa ditentukan tanggalnya. Sehingga masyarakat bisa tahu kapan harus datang ke tempat pembagian bansos tepat pada waktunya. Penentuan tanggal juga menurutnya dapat mengurangi penumpukan orang saat bansos itu dibagikan sehingga potensi penularan virus Corona bisa diminimalisasi.

Evaluasi itu, imbuh Puan, akan disampaikan kepada pemerintah untuk segera dievaluasi dalam program bansos-bansos berikutnya. Dia berharap adanya evaluasi itu akan ditindaklanjuti pemerintah sehingga pembagian bansos di bulan Juli-September 2020 bisa berjalan lebih baik.

Puan didampingi Menko PMK Muhadjir Effendi dan Menteri Sosial Juliari P. Batubara menghadiri penyerahan bansos tunai untuk warga Desa Cikande, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang hari ini diberikan kepada 1.178 orang. Bantuan sosial yang diberikan berupa bantuan langsung tunai (per KK) sebesar Rp600.000, yang khususnya berada di Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten.




"Sumber:>>(https://republika.co.id/berita/qcepth335/puan-minta-pemerintah-segera-perbaiki-data-penerima-bansos)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.