Resep Kare Tahu Nikmat dan Gurih Untuk Buka Puasa

Resep kare tahubaturajaradio.com - Sedang mencari ide menu buka puasa yang sederhana namun lezat? Ada banyak pilihan menu yang dapat anda coba, salah satunya kare. Membuat kare tidak harus menggunakan bahan daging atau ayam, karena anda bisa membuat kreasi kare dengan bahan yang sederhana, seperti misalkan tahu. Kare tahu adalah salah satu olahan kare yang sederhana dan nikmat, tentunya bisa anda buat dengan mudah di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan tentunya murah meriah.


Agar lebih spesial, anda bisa menambahkan terong pada olahan kare tahu. Dengan bumbu pilihan yang digunakan membuat kuah terasa gurih dan memanjakan lidah. Yuk simak resep dan cara membuat kare tahu nikmat dan gurih untuk buka puasa seperti berikut ini.

Bahan-bahan 

Bahan Utama yang Dibutuhkan 

- 200 gram tahu 
- 200 ml santan cair 
- Air secukupnya 

- 1 buah terong hijau

Bumbu yang Dihaluskan 


- 7 siung bawang merah 
- 4 butir kemiri 
- 1 ruas kunyit 
- 3 buah cabai rawit Kaldu bubuk secukupnya 
- 5 siung bawang putih Garam secukupnya 
- 1 sdt ketumbar Bumbu Utuh 
- 2 lembar daun salam 
- 2 batang serai 

- 2 lembar daun jeruk

Bumbu Utuh 


- 2 lembar daun salam 
- 2 batang serai 
- 2 lembar daun jeruk

Langkah-langkah 
Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan 

1. Pertama-tama, silakan ambil tahu yang telah anda sediakan. Lalu potong kotak tahu. 

2. Setelah itu, silakan potong-potong terong hijau dengan ukuran sesuai selera. Namun, pastikan terong yang dipotong tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. 

3. Langkah selanjutnya silakan haluskan semua bumbu-bumbu halus seperti yang disebutkan di atas. Supaya lebih praktis, anda bisa menghaluskan bumbu-bumbu dengan menggunakan blender. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu. 


4. Lalu memarkan serai dan iris tipis daun jeruk.

Cara Membuat Kare Tahu Nikmat 


1. Jika semua bahan sudah siap untuk diolah, anda bisa langsung membuat kare tahu. Silakan sediakan panci kecil dan isi dengan air secukupnya. Lalu rebus air bersama dengan tahu sebentar saja. Ini dilakukan untuk menghilangkan bau tahu. Jika sudah, anda bisa meniriskannya. 

2. Langkah selanjutnya, silakan sediakan wajan yang akan digunakan untuk membuat kare tahu. Lalu tuangkan minyak goreng sekitar 2 sendok makan. Panaskan minyak goreng tersebut hingga meletup-letup. Ketika minyak sudah panas, anda bisa memasukan bumbu halus bersama dengan bumbu yang lainnya seperti daun salam, serai dan daun jeruk. Aduk merata dan tumis semua bumbu hingga matang dan wangi.

3.  Apabila sudah seperti itu, silakan masukan santan bersama dengan air secukupnya. Aduk-aduk kembali hingga merata dan masak hingga kuahnya mendidih. 

4. Jika sudah mendidih, masukan terong yang sudah anda potong-potong bersama dengan tahu yang telah direbus. Aduk merata dan masak lagi hingga kuahnya mendidih. 

5. Anda bisa mengoreksi rasanya. Jika ada yang kurang anda bisa menambahkannya sesuai selera. Apabila sudah pas, silakan angkat dan sajikan pada tempat saji yang telah anda sediakan.


Kare tahu untuk menu buka puasa sudah selesai dibuat. Anda bisa menyajikannya di meja makan untuk menu makan saat buka puasa nanti. Rasanya yang enak dengan kuah gurih yang melengkapinya sangat cocok disantap ketika masih hangat bersama dengan nasi hangat. Anda juga bisa menambahkan menu lainnya agar makan semakin berselera.


Sumber: https://selerasa.com/resep-kare-tahu | Selerasa.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.