Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Mengejutkan


suplemen kunyit begitu populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita
Meski zaman semakin modern, dan teknologi semakin hari semakin maju. Namun untuk pengobatan, sepertinya kini banyak yang beralih dan kembali melirik pengobatan tradisional yang berbasis herbal. Karena pengobatan menggunakan bahan herbal alami dikenal minim efek samping, dan tentu saja membuat kita semakin dekat dengan alam. Karena alam sudah menyediakan apa yang kita butuhkan, kenapa kita tak memanfaatkannya dengan maksimal.
Ada banyak tanaman di alam yang bisa dan biasa dijadikan sebagai obat herbal. Misalnya saja kelompok tanaman palawija, jahe, lengkuas, temulawak, kunyit, sereh, kencur, dll. Semua itu memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Dan tanaman tanaman itu sangat mudah didapatkan, karena banyak penjual di pasar dan di warung pun banyak, selain itu harganya pun terjangkau.
Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh mengenai kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah kuno yang digunakan di sebagian besar dapur Indonesia dan India untuk menambahkan warna kuning pada kari dan sayuran dan bahkan nasi. Namun, kunyit lebih dari sekadar bumbu. Kunyit dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, berkat senyawa yang disebut curcumin yang ditemukan di dalamnya, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan. Kita mungkin menggunakan kunyit kuning untuk berbagai keperluan, tetapi tahukah kamu bahwa kunyit putih juga ada? Kunyit putih atau zedoary juga merupakan rempah kuno, yang merupakan tanaman yang jarang ditemukan di Indonesia yang kebanyakan tumbuh kunyit kuning biasa.
Dalam kebanyakan kasus, kunyit putih telah diganti dengan jahe karena tampak serupa yang digunakan secara luas dalam masakan. Secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma zedoaria, akar kunyit putih adalah rimpang yang memiliki kulit coklat dan oranye terang dan keras. Meskipun itu milik keluarga kunyit, baunya seperti mangga dan kunyit, itulah sebabnya ia juga dikenal sebagai temu mangga. Biasanya dijual sebagai bubuk, atau dikeringkan dan bahkan diiris dengan permukaan abu-abu dan bagian dalam kuning ke abu-abu-putih. Itu terlihat sangat mirip jahe.
Kunyit Putih sangat baik untuk tubuh kita. Kunyit putih memiliki berbagai senyawa kimia yang mencakup pati, tianin, curcumin, gula, saponin, minyak atsiri, flavonoid, resin, sampai protein beracun yang mempunyai kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker. Kehadiran begitu banyak bahan penting adalah apa yang membuat suplemen kunyit begitu populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita.
1. Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan
Kunyit putih sudah sejak lama dipakai untuk mengobati masalah pencernaan yang sebagian besar di saluran pencernaannya. Minyak esensial dan ramuan itu sendiri bermanfaat dalam pengobatan kolik, gangguan pencernaan, sesak, kehilangan nafsu makan, kutu cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan hambar. Ini juga membantu secara alami untuk mencegah rongga mulut kering terkait stres.
2. Masalah Pernafasan
Pada sistem pernapasan yang sering terganggu karena cairan seperti dahak dan lendir yang menumpuk di paru-paru dan area lain dari tubuh bisa diobati dengan kunyit putih. Dahak dan lendir menyumbat saluran hidung dan menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk. Kandungan dalam kunyit putih bisa mencegah asma kambuh.
3. Meredakan Peradangan dan Nyeri
Kunyit putih adalah agen anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Ini digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk mengobati penyakit radang usus (kolitis ulserativa). Kunyit putih juga dipakai agar paru-paru pada pasien asma terlindungi dengan menekan pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.
Kunyit putih mempunyai sifat diuretic yaitu meningkatkan intensitas untuk urinasi atau buang air kecil maka zat beracun dan kelebihan cairan tubuh terutama pada persendian bisa dibuang lebih banyak. Jika proses peluruhan zat beracun tidak terjadi, itu bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit pada kasus radang sendi dan rematik. Kunyit putih juga bisa mengobati demam dengan membersihkan mikroba infeksius dan meningkatkan keringat, tentu ini sangat berguna ketimbang menggunakan obat kimia yang jika dikonsumsi berkepanjangan akan berbahaya.
4. Aktivitas antimikroba
Ekstrak dari rimpang kunyit putih menunjukkan aktivitas anti-mikroba yang kuat terhadap S.aureus, E.coli, Candida sp, spesies Corynebacterium, Aspergillus sp. dll. Penelitian menemukan bahwa aktivitas anti-mikroba dari C. zedoaria sama kuatnya dengan obat kumur komersial dalam menekan pertumbuhan patogen dalam mulut. Aktivitas anti-jamurnya juga efektif dalam menghentikan pertumbuhan spesies jamur yang tahan terhadap obat. Ini juga mencegah pertumbuhan amuba, Entamoeba histolytica dan juga memberikan efek larvisidal (pembasmi larva) terhadap nyamuk. Jadi saat tubuh keracunan oleh bakteri maka bisa dilawan dengan kunyit putih. Jado, tak ada salahnya menyediakan kunyit putih di rumah, agar jika sewaktu waktu dibutuhkan, bisa langsung diolah.
5. Anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit
Salah satu kandungan yang ada dalam kunyit putih adalah Curcumenol, senyawa yang diperoleh dari rimpang ini, memiliki manfaat sebagai penghilang rasa sakit yang lebih baik daripada aspirin. Ekstrak dari kunyit putih ini terbukti mempunyai  manfaat menghilangkan rasa sakit untuk kejang perut dan senyawa curcumenol dan dihydrocurdione yang berperan pada aktivitas analgesiknya. Manfaat kunyit putih untuk kesehatan ini bisa sebagai alternatif obat tanpa efek samping yang tentunya aman dan hemat untuk dikonsumsi, berbeda dengan konsumsi obat obatan kimia yang pastinya memiliki efek samping.
6. Aktivitas anti-alergi
Minyak yang terkandung dalam kunyit putih memiliki aktivitas antioksidan di level sedang sampai baik. Senyawa minyak atsiri dari kunyit putih akan mencari radikal bebas serta ion logam berat chelate. Curcuminoids yang ada pada ekstrak Curcuma zedoaria akan menjalankan aktivitas anti-alergi dan ternyata bisa digunakan sebagai terapi untuk reaksi alergi yang ada hubungannya dengan kulit. Curcumin juga menandai adanya aktivitas anti-alergen paling tinggi dan ini dilihat dengan menghambat aktivitas protein inflamasi dan mencegah pelepasan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.
7. Antibakteri dan anti jamur
Kunyit dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Jadi kalau selama ini kamu membeli dan menggunakan obat kumur yang dijual di pasaran, kali ini kamu bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alami obat kumur. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga dipercaya dapat menghambat aktivitas jamur dalam tubuh manusia. Dengan begitu segala bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan tubuh manusia sakit bisa dilawan oleh kunyit putih dengan kandungan zat di dalamnya.
8. Anti kanker
Sudah banyak yang mengatakan bahwa kunyit putih bisa untuk mengobati kanker. Di dalam kandungan kunyit putih ditemukan dua zat yaitu CTR-17 dan CTR-20 yang bisa merusak sel-sel kanker. Zat ini bisa membelah sel kanker dan kemudian merusaknya tanpa mengenai sel-sel sehat yang lainnya. dengan ini kunyit putih menjadi salah satu obat yang efektif untuk mengobati kanker.
9. Meredakan nyeri haid
Masa haid memang seringkali menimbulkan banyak keluhan dan juga rasa tak nyaman. Memang tidak semua wanita yang mengalami haid merasakan sakit. Tapi bagi kamu yang merasa sakit saat haid maka kamu bisa mengonsumsi kunyit putih untuk meredakan nyeri hebat saat sedang haid. Kandungan yang unik terdapat di dalam kunyit putih bisa melemaskan rahim yang berkontraksi dan membuatnya lebih nyaman. Tapi beberapa ahli mengatakan bahwa wanita dengan pendarahan hebat saat haid tidak disarankan mengonsumsi kunyit putih ini. Selain itu, alangkah baiknya kita memilih yang alami ketimbang meminum yang sudah dikemas di toko.
10. Mengendalikan kadar gula darah
Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang mengejutkan serta sebagai kabar gembira untuk penderita diabetes adalah kunyit putih memiliki kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan dalam kunyit putih juga dipercaya bisa meningkatkan fungsi dari insulin dan membuat gejala diabetes lebih mudah diatasi. Kunyit putih juga menekan risiko komplikasi diabetes dengan penyakit berat lainnya. Nah, untuk kamu yang memiliki diabetes atau memiliki tingkat gula darah yang tinggi, bisa mengonsumsi kunyit putih sebagai salah satu terapi untuk mengendalikan kadar gula darah ya.
11. Anti racun
Biasanya masyarakat memakai tanaman obat untuk dijadikan penawar racun ular. Salah satu tanaman obat yang disarankan yaitu kunyit putih. Kunyit putih yang diekstrak memiliki kemampuan untuk menghambat bisa dari ular menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Ini juga bisa menekan perdarahan yang terjadi akibat gigitan ular. Jadi, bisa nih kamu jadikan kunyit putih sebagai satu pertolongan pertama jika terjadi gigitan ular.
12. Menjaga agar jantung sehat
Siapa yang tak ingin memiliki jantung yang sehat? Tentu saja semuanya ingin ya. Dan salah satu manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang mengejutkan adalah untuk menjaga jantung tetap sehat. Kandungan vitamin dan mineralnya seperti zat besi dan potasium menjaga agar sel-sel darah merah tetap produktif dihasilkan. Zat lainnya seperti kalium bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dan tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsi kunyit putih sesuai kebutuhan ya agar manfaatnya dapat kita dapatkan.
13. Mengobati jerawat
Dari efek anti inflamasi kunyit putih bisa dipakai untuk mengobati jerawat dan masalah lainnya di kulit. Pemakaiannya bisa dibuat masker agar mudah dan terasa manfaatnya. Memakai kunyit putih untuk mengobati jerawat memang belum banyak diketahui banyak wanita loh. Jadi kamu bisa mulai mencobanya di rumah, terlebih untuk usia remaja, jerawat adalah salah satu masalah yang sangat pelik dan harus segera diatasi. Bila bisa diatasi dengan kunyit putih, sebagai satu bahan yang alami yang tentunya tak akan menguras kantong. Hanya saja memang pengobatan menggunakan bahan alami ini membutuhkan ketelatenan dan hasilnya pun tak instan.
Penggunaan tanaman obat untuk menjaga kesehatan sudah lama di praktikkan sejak jaman nenek moyang. Meskipun pada saat itu belum ada penelitian modern seperti sekarang. Kunyit putih yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan dan lainnya. menemukan kunyit putih bukanlah hal yang sulit karena kunyit putih bisa tumbuh di mana saja. Dengan begitu memperoleh manfaat kunyit putih untuk kesehatan bisa kamu praktikkan dengan gampang. Yuk manfaatkan kunyit putih untuk menjaga kesehatan kita mulai sekarang.(cekaja.com)

2 komentar:

  1. Hai semua

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya berasal dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu anda semua kebenaran, setiap orang yang anda lihat pada catatan mereka di blog dan laman web ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi mangsa cerita mereka dan mereka telah merosakkan hidup saya.
    Saya tidak di sini untuk memberitahu anda kisah bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak wang kepada mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu anda SYARIKAT PINJAMAN sebenar dan sahajalah yang ALLAH hantar untuk mengubah hidup saya, mereka adalah SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen yang diiktiraf dan dibiayai oleh WORLD BANK.

    Mereka adalah satu-satunya syarikat pinjaman tulen, mereka mempunyai syarat dan syarat pinjaman yang cukup besar, untuk menutup semua pinjaman mereka mampu dimiliki dan cepat dilunaskan tidak seperti syarikat palsu lain yang anda lihat di sini dalam talian yang akan mengambil wang anda tanpa mengeluarkan pinjaman anda,
    Tolong jangan tertipu oleh saksi yang mempunyai nombor dan whatsapp indonesia, mereka semua penipu, bagaimana syarikat individu boleh memberi pinjaman ?, itu harus menjadi pertanyaan pertama anda.

    Rakan-rakan saya di Asia, saya mohon anda mendengarkan saya ketika saya bersumpah kepada anda dengan nama Allah, bahawa saya mengatakan kepada anda semua kebenaran, Syarikat ALL GLOBAL GRANT LOAN, satu-satunya syarikat yang boleh dipercayai dan mereka akan memastikan anda menerima pinjaman anda setelah anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang diperlukan.
    Mengapa anda tidak menjadi antara berita baik ini dengan menghubungi mereka segera jika anda SANGAT MENARIK untuk meninggalkan perjuangan kewangan anda dan meningkatkan tahap kehidupan anda, berikut adalah EMAIL allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda bebas menghubungi saya di EMAIL fradesyriritia12@gmail.com saya untuk maklumat lebih lanjut, saya dengan senang hati akan mendengar anda berkongsi kisah kebahagiaan anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL kerana memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Syarikat: SEMUA PINJAMAN GRANT GLOBAL
    EMAIL Syarikat: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Syarikat: +1(304)997-4034
    E-mel Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  2. twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com


    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .
    Kontak Aplikasi pinjaman besar

    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: ************ + +971569461974
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.