Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Lebih 60 Persen Masyarakat OKU Sudah Update Sensus Penduduk Online

•Capaian Kecamatan Muara Jaya Tertinggi (89,10 Persen)

Baturajaradio.com - Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten OKU, Ir Budiriyanto, MAP mengapresiasi masyarakat OKU yang telah berpartisipasi aktif dalam mengisi Sensus Penduduk Online yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik.  Hingga sampai pada tanggal 14 Mei 2020 capaian Kepala Keluarga yang sudah mengisi Sensus Penduduk Online mencapai 60,11 persen dari perkiraan seluruh KK yang ada di Kabupaten OKU, dan ini angka capaian tertinggi se Sumatera Selatan.

Demikian disampaikan Kepala BPS Kabupaten OKU Ir Budiriyanto MAP,  saat menerima kunjungan panitia Bakti Sosial Ikatan Keluarga Alumni SMP Negeri 2 OKU, Kamis (14/5) di ruang kerja Kepala BPS Kabupaten OKU.

Menurut Budiriyanto, tingginya angka persentase ini  menunjukkan tingginya kepedulian masyarakat OKU terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang ini, masyarakat banyak berdiam di rumah dan mempunyai banyak kesempatan untuk memperbaiki data pribadinya melalui Sensus Penduduk Online. Diharapkan masyarakat OKU yang belum agar segera mengisi Sensus Penduduk Online. Sehingga persentase partisipasi masyarakat semakin tinggi dan kualitas data kependudukan semakin baik.

Pada kesempatan ini Budiriyanto mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak terutama Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz dan Sekretaris Daerah OKU Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT,MSi, MH  beserta jajaran, baik OPD, Dinas/Instansi Vertikal, Perbankan, BUMN/BUMD,  Camat, Lurah, Kades, Kadus, Ketua RW dan Ketua RT. Juga kepada jajaran Dinas Pendidikan, seluruh pelajar, mahasiswa, Kepala Sekolah/Guru PAUD/TK/SD/SLTP/SLTA Negeri/Swasta, Kepala/Guru Madrasah, Rektor/Ketua/Pimpinan Perguruan Tinggi/Akademi serta semua pihak se Kabupaten OKU yang telah mendukung secara penuh pelaksanaan  Sensus Penduduk Online di Kabupaten OKU

Dijelaskan oleh Budiriyanto,  bahwa Sensus Penduduk Online dijadwalkan 15 Februari hingga 31 Maret 2020, namun karena terjadinya wabah Covid-19 dilakukan perpanjangan hingga 29 Mei 2020. Dengan perpanjangan waktu ini, diharapkan masyarakat OKU memanfaatkannya untuk segera mengupdate data pribadi dan keluarganya dalam Sensus Penduduk Online.

Menurut Budiriyanto, hingga tanggal 14 Mei 2020 sebanyak 61.367 KK atau 69,11 persen dari perkiraan KK yang ada di Kabupaten OKU sudah tercatat sebagai penduduk Indonesia. Sementara berdasarkan jumlah penduduk hingga tanggal 14 Mei 2020 penduduk yang tercatat  sebanyak 242.361 penduduk. Penambahan kepala keluarga ini dalam satu bulan ini cukup signifikan, dan diharapkan akan terus bertambah hingga batas waktu tanggal 29 Mei 2020.

Jika dilihat sebarannya menurut kecamatan yang ada di Kabupaten OKU, seluruh kecamatan telah lebih mencapai lebih dari 50 persen. Capaian tertinggi ada pada Kecamatan Muara Jaya sebanyak 89,10 persen diikuti Kecamatan Pengandonan sebesar 76,69 persen dan Kecamatan Lubuk Raja sebesar 73,83 persen. Sementara capaian terendah ada di Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya sebesar 52,18 persen. Secara umum capaian seluruh kecamatan relatif cukup baik karena sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Dengan mengisi Sensus Penduduk Online, maka anda dan keluarga akan masuk dalam data kependudukan pemerintah Republik Indonesia hingga satuan terkecil, antara lain:
1. Status keberadaan penduduk, yang mencakup:
a. Alamat sesuai data adminduk;
b. Alamat tempat tinggal saat pencacahan;
2. Karakteristik perumahan tempat tinggal penduduk, yang mencakup:
a. Status kepemilikan rumah yang ditempati;
b. Penggunaan listrik;
c. Sumber air minum;
d. Fasilitas sanitasi;
e. Jenis lantai.
3. Data kependudukan, yang mencakup:
a. Nama lengkap;
b. Jenis kelamin;
c. Nomor Induk Kependudukan (NIK);
d. Alamat tempat tinggal;
e. Tempat lahir;
f. Tanggal lahir;
g. Akta kelahiran;
h. Kewarganegaraan;
i. Suku bangsa;
j. Agama/kepercayaan;
k. Status perkawinan;
l. Status hubungan dengan kepala rumah tangga;
m. Lama tinggal di tempat yang sekarang;
n. Ijazah/pendidikan tertinggi yang ditamatkan;
o. Kemampuan berbahasa Indonesia;
p. Aktivitas yang biasa dilakukan;
q. Pekerjaan; dan
r. Status pekerjaan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.