Kasus Positif Baru Covid-19 di Sumsel Bertambah Didominasi Penularan Melalui Transmisi Lokal

Kasus Positif Baru Covid-19 di Sumsel Bertambah Didominasi Penularan Melalui Transmisi Lokalbaturajaradio.com - Kasus positif baru Covid-19 di provinsi Sumatra Selatan kembali bertambah.

Berdasarkan data terbaru pada 13 Mei 2020 kasus positif Covid-19 baru berjumlah 222 kasus usai mendapatkan tambahan 43 kasus.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 di Sumsel, Yusri, mengatakan penambahan 43 pasien teranyar ini berasal dari lima kabupaten dan kota di Sumsel.

Yakni Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, dan Kota Lubuklinggau.

"Untuk status penularan sendiri didominasi transmisi lokal, kemudian ada tiga kasus impor dan tiga kasus lagi masih dalam penyelidikan. Kasus ini terdiri dari kasus nomor 280-322," katanya, Rabu (13/5).


Meski terjadi penambahan kasus yang cukup banyak, Yusri mengatakan masyarakat tidak perlu cemas dalam menyikapi penambahan kasus yang cukup signifikan ini. Sebab sebenarnya mereka yang terkonfirmasi ini merupakan keluarga, sahabat, maupun orang yang sebelumnya menjalin kontak langsung dengan pasien positif virus Corona.

Penambahan kasus baru ini juga merupakan hasil dari gerak cepat tim satuan tugas gugus percepatan penanganan Covid-19 di kabupaten dan kota dalam melakukan penelusuran (tracing) terhadap orang-orang yang masuk dalam kelompok risiko tinggi.

"Jadi, mereka yang dinyatakan positif ini bukan merupakan hasil survei random (acak) di masyarakat. Tapi memang sumber penularannya jelas. Sehingga, setelah ditemukan mereka langsung menjalani isolasi di rumah sakit rujukan maupun secara mandiri di rumah," terang Yusri.

Yusri pun terus mengimbau agar masyarakat dapat tetap waspada terhadap penyebaran virus corona dengan menerapkan physical distancing, selalu menggunakan masker, menjalankan pola hidup bersih dan sehat dan memperkuat imunitas tubuh.

Yusri menyebutkan, saat ini juga terdapat tambahan tiga pasien yang dinyatakan sembuh dan semuanya berasal dari Palembang. Dengan adanya tambahan kasus konfirmasi sembuh ini jumlah pasien sembuh secara kumulatif sebanyak 73 orang.

"Sedangkan yang meninggal dunia berjumlah sembilan orang, belum ada perubahan," katanya.

Sementara itu, saat ini di Sumsel secara keseluruhan masih ada 4.994 Orang dalam Pemantauan (ODP), yang terdiri dari 1.302 orang selesai dipantau dan 3.662 orang lagi masih dilakukan proses pemantauan.

Kemudian untuk jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) total sebanyak 337 orang dengan rincian 168 orang masih dipantau dan 167 orang sisanya selesai diawasi atau dilakukan perawatan. Untuk penambahan PDP berjumlah 10 orang.

Terakhir, sampel spesimen yang diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang berjumlah 2.012 sampel. Dari keseluruhan sampel ini 1.536 merupakan sampel Orang Tanpa Gejala (OTG), 392 sampel PDP dan 84 sampel ODP.

Adapun sampel yang dinyatakan positif totalnya sebanyak 322 sampel, lalu sampel negatif 299 dan masih diperiksa sebanyak 1.421 sampel.(mg3)


Sumber>>>https://palembang.tribunnews.com/2020/05/13/kasus-positif-baru-covid-19-di-sumsel-bertambah-didominasi-penularan-melalui-transmisi-lokal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.