Sudah 130 Positif Covid-19 di Sumsel, Palembang Tambah 1

baturajaradio.com -Kurangnya disiplin masyarakat dalam mematuhi anjuran dan imbauan Pemerintah telah mengakibatkan penularan Pandemi Virus Corona 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) cukup pesat. Hingga hari ini, Senin (27/4/2020), sudah 130 orang positif terinfeksi Covid-19. Penambahan satu positif adalah warga Kota Palembang.

Sehubungan itu, imbauan terus digaungkan guna pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 oleh Gugus Tugas Covid-19 Sumsel. Sebab, protokol kesehatan seperti tetap di rumah, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan massa dan lainnya dinilai efektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Yusri meminta, agar masyarakat terus berupaya menumbuhkan kesadaran diri sendiri untuk mematuhi anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumsel demi keamanan bersama.

“Kami himbau masyarakat tetap jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan setelah dari luar rumah, jaga daya tahan tubuh dan lain-lain untuk mencegah penularan ini. Tanpa kedisiplinan masyarakat mentaati anjuran pemerintah, penyebaran virus ini tidak akan bisa berhenti,” kata Yusri saat menggelar Video Conferece bersama awak media.

Menurutnya, masyarakat memiliki andil besar dalam cegah tangkal Covid-19 ini. Kesadaran masyarakat untuk segera memeriksakan diri jika terjadi gejala batuk, pilek, demam dan sesak nafas dinilai dapat meminimalisir meluasnya penularan.


“Kesadaran masyarakat sangat penting dalam cegah tangkal ini. Ini kerja kita bersama,” tuturnya.

Selain memberi imbauan, Yusri juga mengkonfirmasi perkembangan Covid-19 di Sumsel. Dimana saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 130 orang.

“Artinya per hari ini ada penambahan satu orang positif,” terangnya.

Pasien nomor 130 tersebut diketahui merupakan seorang laki-laki berusia 35 yang berdomisili di Palembang.

“Kasusnya transmisi lokal berasal dari palembang. Sedangkan untuk yang sembuh masih 18 orang dan yang meninggal tetap 3 orang,” bebernya.

Sementara untuk ODP saat ini ada 3543 orang. 2175 orang sudah selesai pemantauan dan 1368 orang masih dipantau. Untuk PDP total saat ini ada 173 orang. 103 dinyatakan negatif dan 70 orang masih proses pengawasan.

Untuk sampel yang diperiksa sampai hari ini berjumlah 688 sampel yang terdiri dari 443 sample OTG, 190 sampel PDP dan 55 sampel ODP.


Sampel yang telah selesai dan dinyatakan negatif sebanyak 145 sampel serta 413 sampel masih dalam pemeriksaan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.