Dampak Corona, Bertambah 20 Ribu Warga Miskin Baru di Kabupaten OKU


bupati-oku-kuryana-aziz-rabu.jpgBaturajaradio.com -Penduduk miskin baru (misbar) yang kena dampak wabah pandemi Covid-19 di Kabupaten OKU jumlah tercatat sebanyak 20.000 jiwa.

Hal itu disampaikan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis pada acara pelantikan Kepala Desa yang dipusatkan di pendopo Kabupaten, Rabu (22/4/2020).

Sedangkan jumlah penduduk miskin sebanyak 23.000 lebih dari 143 desa.
Jumlah ini masih diverifikasi lagi yang disesuaikan data yang ada di Kabupaten OKU.

Untuk merinngankan beban penduduk miskin, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp.600.000,- per bulan, selama tiga bulan berturut, mulai April dan Mei serta bulan Juni tahun 2020.

Dikesempatan itu , Bupati OKU Kuryana Azis mengintruksikan kepada kepala desa (Kades) agar dapat mengiventarisasi penduduk miskin atau kurang mampu dengan benar.

Berkenaan wabah Corona, pemerintah melarang untuk mudik ke kampung halaman.

Oleh karena itu apabila masih didapati pendatang yang pulang kampung, agar Kades dapat mendata untuk pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di Posko kesehatan, Puskesmas dan melakukan isolasi mandiri.

Warga itu harus dilaporkan ke Posko Penanganan Covid-19 di Kabupaten OKU supaya penyebarannya dapat dicegah dengan baik.

Selain itu, juga agar setiap desa dibentuk Tim Relawan Covid-19.
Sementara itu pelantikan kades hasil pemilihan serentak tahun 2020 dilantik secara bertahap.

Upaya ini dilakukan dalam rangka mematuhi protokuler kesehatan untuk menjaga jarak dan menghindari pengumpulan massa dimasa pandemi covid-19.

Pelantikan dilakuan secara bergiliran diatur sesuai dnegan kecamatan masing-masing. Tata Tertib pelantikan Kepala Desa tahun 2020 dihadiri undnagan terbatas, meliputi Kapolsek dan Danramil masing-masing wilayah, Camat bersangkutan, Pjs Kepala Desa dan Kepala Desa terpilih, petugas Kesehatan sebanyak 4 Orang, Petugas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) 4 orang, personil Polres seban



(https://sumsel.tribunnews.com/2020/04/22/dampak-corona-bertambah-20-ribu-warga-miskin-baru-di-kabupaten-oku)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.