Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

7 Menu Buka Puasa Sehat untuk Si Kecil

baturajaradio.com - Mengagumkan bukan jika di bulan Ramadan ini, si kecil sudah mulai belajar puasa? Dengan demikian, pastikan ibadah puasanya lancar dengan memberi asupan makanan yang sehat untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh yang baik, serta anak menjadi lebih semangat lagi untuk melaksanakan puasa di esok hari. Nah, jika Anda bingung menu berbuka puasa apa yang akan diberikan ke buah hati, Anda tidak perlu khawatir, karena Seruni akan merekomendasikan tujuh menu buka puasa sehat untuk si kecil. Berikut daftarnya:

1. Kurma

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini? Kurma memang sudah tak diragukan lagi untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain memang dianjurkan oleh Nabi, mengonsumsi kurma pada bulan puasa juga baik untuk kesehatan. Mulai dari kandungan gula alaminya yang dapat menggantikan gula selama berpuasa, dan juga kaya akan serat yang tinggi. Rasanya yang manis sangat cocok menjadi bahan untuk membuat takjil menyegarkan saat berbuka puasa.

2. Puding Buah

Menu buka puasa sehat untuk anak yang selanjutnya adalah puding buah. Puding dan buah-buahan adalah dua hidangan yang kaya akan serat dan vitamin. Hal ini membuat puding buah sangat cocok menjadi pencuci mulut untuk menyempurnakan hidangan berbuka puasa sehat untuk si kecil.

3. Buah Segar

Buah segar merupakan hidangan berbuka puasa yang sangat baik dengan segala kandungan vitaminnya. Pilihlah buah yang memiliki tekstur lembut dan tidak asam. Seperi pepaya, pisang, dan melon. Sebab, buah-buah tersebut sangat mudah dicerna oleh usus.

4. Sup

Sup adalah salah satu menu buka puasa sehat untuk si buah hati. Sup terdiri dari sayuran segar yang bisa Anda kreasikan, bisa ditambah dengan daging ayam, bakso, jamur, atau yang lainnya. Sup mengandung beragam manfaat, salah satunya dapat mengembalikan energi seharian yang telah terkuras selama berpuasa.

5. Salad Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat. Salad buah ataupun sayur sangat cocok dikonsumsi saat berbuka untuk menggantikan kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Berikan si kecil sayur-mayur agar tubuhnya tetap sehat dan bugar meski telah berpuasa seharian. Membuat salad dengan campuran sayur dan buah sesuai selera si kecil akan membuat berbuka lebih terasa menyenangkan, loh.

6. Air Kepala Murni

Air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama anak berpuasa. Dengan minum air kelapa, anak akan terhindar dari badan lemas. Berikan si kecil air kelapa murni yang belum dicampur dengan bahan apa pun.

7. Yoghurt

Produk susu olahan ini kaya akan sumber energi, protein, mineral, dan juga vitamin. Selain itu, yoghurt juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, sehingga anak tetap sehat dan nyaman selama puasa. Agar lebih segar, Anda bisa mencampurkannya dengan potongan buah.

Cara Mencegah Anak Kekurangan Nutrisi Selama Berpuasa

Anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan sebaiknya diatur asupan makanannya dengan baik. Karena membutuhkan perhatian khusus, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut untuk mencegah anak kekurangan nutrisi selama menjalankan ibadah puasa:
• Kebutuhan kalori pada anak harus terpenuhi saat sahur dan berbuka. Seperti contoh, pada anak yang berusia 7 tahun, kebutuhan kalorinya sebesar 1200-1600 kalori, ukuran ini tergantung pada aktivitas dan jenis kegiatannya.
• Beritahu pada anak, jika ia mulai merasakan berkunang-kunang dan pusing, segera informasikan kepada Anda atau keluarga yang berada di dekatnya.
• Sampaikan kepada anak untuk tidak memaksakan diri menyelesaikan puasa jika memang tidak kuat. Karena masih dalam tahap belajar, puasa yang dijalankannya belum merupakan kewajiban bagi mereka.
• Saat anak mulai belajar berpuasa, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisinya dengan baik. Jangan sampai puasa justru membuat si Kecil lemas dan mengurangi aktivitas bermain dalam tahap tumbuh kembangnya. Berikan ia menu sehat saat sahur dan buka puasa.
Sumber>>https://seruni.id/7-menu-buka-puasa-sehat-untuk-si-kecil/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.