Mengesankan! 12 Manfaat Daun Singkong


gambar-daun-singkong-doktersehatBaturaja Radio.Com – Apakah Anda gemar mengonsumsi sayur daun singkong? Hal ini merupakan kebiasaan makan yang sangat baik karena ada banyak manfaat daun singkong yang bisa Anda dapatkan. Jadi, tetaplah mengonsumsi daun singkong untuk mendapatkan manfaatnya.



Baca terus untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang daun singkong. Temukan apa saja manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh manusia dan informasi bermanfaat lainnya terkait daun singkong melalui penjelasan di bawah ini.

Mengenal daun singkong

Daun singkong adalah bagian daun dari tanaman singkong. Tanaman singkong memiliki nama latin Manihot esculente yang berasal dari famili Euphorbiaceae. Singkong dikenal juga dengan nama ketela pohon atau ubi kayu.
Singkong pertama kali ditemukan di wilayah Amerika Serikat lalu dikembangkan di Brazil. Kini, daun singkong sudah tumbuh dan dikembangkan di hampir semua wilayah termasuk Indonesia.
Singkong bisa tumbuh di wilayah dengan tanah berpasir dan memiliki drainase yang baik. Iklim hangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan daun singkong. Jika daging dari singkong bisa sebagai makanan pokok karena merupakan sumber karbohidrat maka daun singkong bisa sebagai sayuran karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Kandungan gizi daun singkong

Daun singkong adalah bagian dari singkong yang kaya akan zat-zat gizi. Kandungan gizi mikro dan makro ada di dalam daun singkong. Zat gizi makro yang ada pada daun singkong di antaranya adalah serat, karbohidrat, dan protein.
Zat gizi mikro yang dikandung oleh daun singkong yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, tembaga, seng, magnesium, dan mangan. Di dalam singkong mengandung beta karoten dan asam amino esensial.
Asam amino esensial yang dikandung oleh daun singkong di antaranya seperti valin, leusin, lisin, isoleusin, dan arginin. Daun singkong mengandung protein lebih banyak daripada dagingnya. Daun singkong yang masih muda memiliki kandungan protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi.

Manfaat daun singkong untuk kesehatan

Kandungan gizi mikro dan makro di dalam daun singkong membuatnya memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat daun singkong bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah beberapa jenis penyakit atau masalah medis, dan lainnya.
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan:

1. Membantu meregenerasi sel

Regenerasi sel-sel tubuh merupakan hal yang cukup penting. Manfaat daun singkong bisa untuk membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Ini dikarenakan daun singkong mengandung asam amino yang dibutuhkan di dalam proses regenerasi sel.
Asam amino esensial seperti lisin, arginin, leusin, isoleusin, valin, dan lainnya dapat membantu pertumbuhan sel yang telah rusak. Selain itu, asam amino esensial tersebut bisa memperbaharui sel-sel tubuh agar tetap berfungsi normal.

2. Mencegah penuaan dini

Hampir setiap orang ingin nampak awet muda terutama para wanita. Jika Anda termasuk orang yang ingin tetap terlihat lebih muda dari usia maka konsumsilah daun singkong. Hal ini dikarenakan manfaat daun bisa mencegah terjadinya penuaan dini.
Daun singkong mengandung antioksidan yang sangat melimpah bahkan disebut juga sebagai sumber antioksidan. Kandungan antioksidan pada daun singkong inilah yang bisa mencegah penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik karena usia, dan lainnya.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh perlu dijaga kesehatan dan mekanisme kerjanya. Daun singkong bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Kandungan zat-zat gizi yang dikandung oleh daun singkong seperti protein, vitamin, dan mineral membantu metabolisme tubuh.

4. Meningkatkan nafsu makan

Apakah Anda memiliki masalah untuk menambah berat badan? Jika Anda merasa kesulitan untuk meningkatkan berat badan karena tidak memiliki nafsu makan yang baik maka Anda bisa mencoba mengonsumsi daun singkong.
Daun singkong bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Mungkin Anda tidak menduga manfaat daun singkong yang satu ini sebelumnya. Pengonsumsian daun singkong bisa membantu Anda memiliki nafsu makan yang baik sehingga bisa menaikkan berat badan dengan lebih mudah.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Tubuh yang memiliki imunitas yang baik tidak akan mudah sakit. Jika Anda ingin memiliki imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik maka konsumsilah daun singkong. Daun singkong mengandung vitamin C dan asam folat.
Kedua zat gizi tersebut mampu melawan mikroba penyebab infeksi atau radang seperti bakteri dan virus. Antioksidan yang dikandung oleh daun singkong juga dapat menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan tubuh jatuh sakit.

6. Menjaga kehamilan

Ibu hamil adalah kelompok orang yang cenderung memiliki masalah anemia. Hal ini disebabkan oleh fisiologis kehamilan. Manfaat daun singkong bisa membantu mengatasi anemia pada ibu hamil.
Daun singkong mengandung zat besi yang sangat tinggi. Ini bisa mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Selain itu, daun singkong juga mengandung asam folat yang cukup tinggi. Zat gizi ini sangat baik untuk mengomptimalkan tumbuh kembang janin.

7. Mengatasi stroke

Stroke bisa menyerang banyak orang dewasa kapan saja tanpa mengenal jenis kelamin. Konsumsilah daun singkong karena manfaat stroke bisa mengatasi stroke. Hal ini dikarenakan daun singkong mengandung isoflavon.
Isoflavon adalah salah satu jenis flavonoid. Zat ini merupakan zat di dalam tubuh yang mampu mengobati tubuh dari stroke dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat penyebab stroke.

8. Mengatasi penglihatan kabur

Apabila Anda memiliki penglihatan yang kabur atau tidak jelas maka mengonsumsi daun singkong merupakan hal yang tepat. Manfaat daun singkong bisa membantu mengatasi penglihatan yang kabur agar menjadi lebih jelas.
Anda bisa mengonsumsi daun singkong dalam bentuk sayur daun singkong atau lalapan seperti yang ada di rumah makan padang. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa jangan mengonsumsi air dari sayur daun singkong. Ini dikarenakan daun singkong mengandung sianida yang bila tercampur air akan menjadi racun bagi tubuh.

9. Mengobati diare

Apakah Anda tahu bila manfaat daun singkong bisa untuk mengobati diare? Jadi, jika Anda mengalami diare maka jangan panik. Selain memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga sebaiknya mengonsumsi daun singkong dan ingat untuk tidak meminum air rebusan daun singkong dalam jumlah banyak.

10. Mengobati demam

Daun singkong juga bisa untuk mengobati demam. Selain itu, manfaat daun singkong juga bisa untuk mengobati sakit kepala. Konsumsilah daun singkong yang telah direbus. Akan tetapi, jangan terlalu lama merebusnya agar kandungan gizinya tidak hilang banyak.

11. Mengobati masalah rematik

Penyakit rematik ternyata bisa diobati secara herbal tanpa menggunakan obat kimia. Cara ini bahkan lebih baik dan tanpa efek samping. Gunakanlah daun singkong karena manfaat daun singkong bisa mengobati rematik yang sedang Anda alami.
Daun singkong mengandung zat-zat tertentu yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat tersebut akan mencegah terjadinya pelepasan zat lain di dalam tubuh yang menjadi penyebab peradangan. Anda bisa mengonsumsi daun singkong yang dicampur dengan air, jahe, dan sereh sebanyak 3 kali sehari. Ini bisa meredakan nyeri akibat rematik.

12. Mengobati cacingan

Daun singkong juga bisa menjadi obat cacing herbal. Kandungan yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan tubuh terutama terkait dengan masalah pencernaan.(doktersehat.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.