Ada 2.853 Desa di Sumsel tetapi Baru 100 Desa Terima Pencairan Dana Desa Tahap Pertama


Ada 2.853 Desa di Sumsel tetapi Baru 100 Desa Terima Pencairan Dana Desa Tahap PertamaBaturajaradio.com -Pencairan dana desa di Sumatra Selatan (Sumsel) tergolong masih minim.

Padahal bulan lalu tiga menteri datang ke Palembang menekankan percepatan penyaluran dana desa di Indonesia.

Tiga menteri itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dan Manteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Ketiganya menggelar rapat kerja percepatan penyaluran dan pengelolaan dana desa 2020 di Palembang.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, hingga kini pada tahap pertama pencairan baru ada 100 desa yang dana desanya telah cair.

Adapun 100 desa yang sudah cair tersebut yaitu berasal dari desa yang ada di kabupaten Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Ogan Ilir.

"Padahal, di Sumsel ada 2.853 desa dan masih ada 2.753 desa yang belum mendapat pencairan dana desa tahap satu tersebut," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, Yusnin, Selasa (17/3/2020).

Disebutkan Yusnin, tahun ini 2.853 desa di Sumsel akan menerima dana desa senilai total Rp1,59 triliun.
Sementara dari 100 desa yang sudah cair pada tahap I dengan total sebanyak Rp4 miliar.

"Masih sangat banyak dana desa di Sumsel belum cair." ujar Yusnin.
Yusnin menjelaskan, pihaknya sudah meminta kepada semua pihak terkait di antaranya pihak kepala desa, camat dan bupati atau walikota segera mempercepat melengkapi persyaratan pencairannya.

Menurut dia, lambatnya penyaluran dana desa ini dikarenakan administrasi kelengkapan dana desa yang masih kurang sehingga dana desa tahap I yang seharusnya sudah banyak cair menjadi terhambat.

"Pemprov Sumsel sudah meminta agar Bupati dan Walikota berupaya mempercepat melengkapi administrasi dana desa. Harapan kami ini bisa dilakukan secepatnya mengingat pemerintah pusat juga terus mendesak hal ini.



(https://sumsel.tribunnews.com/2020/03/17/ada-2853-desa-di-sumsel-tetapi-baru-100-desa-terima-pencairan-dana-desa-tahap-pertama)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.