3 Cara Mudah Amankan Akun Gmail yang Perlu Kamu Ketahui


Gmail

Baturaja Radio.com - Entah itu email urusan kerjaan atau pribadi, atau permintaan untuk reset ulang kata sandi, akun Gmail menyimpan banyak informasi pribadi kamu.
Akan tetapi, sebagian dari kita mungkin tidak terlalu memerhatikan keamanan email. Padahal, kerentanan atas keamanan email ada di beberapa hal.
Bilamana diakses penjahat siber atau peretas, berbagai macam informasi hingga kontak kamu pun dapat dicuri dan disalahgunakan.
Ketimbang panik saat akun berhasil dijebol, 
ada baiknya meluangkan waktu 10 menit untuk mengamankan akun Gmail kamu sekarang.
Dikutip dari Cnet, Rabu (11/3/2020), berikut ini adalah beberapa tips penting yang bisa dipakai untuk mengamankan akun Gmail kamu.

1. Pakai Password yang Unik

Apa metode membobol kata sandi atau password paling umum digunakan oleh para peretas saat ini?
Jawabannya, sebagian besar kata sandi yang digunakan oleh orang-orang biasa sangat mudah untuk dibobol. Ini berarti kata sandi yang digunakan lebih rentan daripada yang kamu kira.
Karena itu, ada baiknya kamu menggunakan kata sandi dengan kombinasi kalimat atau kata yang unik dan hanya kamu ketahui untuk semua akun online.
Jangan lupa untuk memasukkan simbol atau menggunakan huruf besar untuk membuat hacker semakin sulit menjebol akun kamu.
2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
Selain menggunakan kata sandi yang unik, ada baiknya kamu meningkatkan akun Gmail dengan menyalakan fitur verifikasi 2 langkah (two factor authentication, 2FA).
Dengan cara ini, hacker membutuhkan enam digit angka acak yang dikirimkan ke aplikasi autentikasi.
Untuk menyalakan fitur ini, kamu bisa mengaksesnya via laman keamanan akun Google dan klik 2-Step Verification. Setelah itu, pilih bagaimana cara angka acak tersebut muncul di perangkat.
3. Periksa Riwayat Aktivitas Akun

Ada kemungkinan hacker mampu mengakses akun Gmail tanpa sepengetahuan kamu. Untuk mengeceknya, login ke akun Gmail dan scroll ke bagian paling bawah dari antarmuka web Gmail.
Nanti ada teks kecil mencolok yang mengatakan "Last Account Activity", yang memberi tahu kamu mengenai aktivitas terakhir di akun kamu.
Klik pada tautan "Detail" dan akan ada jendela yang muncul, lengkap dengan daftar 10 alamat protokol internet terakhir yang mengakses akun.
Jika kamu memeriksa riwayat sesi ini sekali per minggu atau lebih, kamu dapat mengawasi aktivitas yang berpotensi mencurigakan.
Di bagian bawah, kamu dapat mengaktifkan preferensi peringatan yang akan menunjukkan peringatan setiap kali Google menentukan kegiatan tertentu sebagai kegiatan yang tidak biasa.
Juga di bagian atas, kamu bisa 'memaksa' semua sesi pada akun Gmail Anda untuk keluar dengan mengklik "Sign out all other web sessions."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.