Mulai 15 Februari, Sensus Penduduk Online

Baturajaradio.com - Tahapan yang sangat penting dalam pengumpulan data yang melibatkan partisipasi aktif penduduk adalah pada tahap 3 yaitu Sensus Penduduk Online. Sensus Penduduk Online akan dilakukan pada periode 15 Februari s.d 31 Maret 2020 dan mencakup seluruh keluarga dan penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang bertempat tinggal dalam wilayah teritorial Indonesia, termasuk wilayah teritorial Indonesia di luar negeri.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten OKU, Ir Budiriyanto, MAP disela-sela  acara internalisasi Sensus Penduduk 2020 dalam rangka persiapan pelaksanaan Rapat Koordinasi Kabupaten dan Rapat Koordinasi Kecamatan di ruang kantor BPS Kabupaten OKU, Senin (10/2) dengan peserta seluruh calon nara sumber/pemberi materi/koordinator sensus kecamatan  se Kabupaten OKU.

Menurut Budiriyanto, kegiatan Sensus Penduduk 2020  (SP2020) bertujuan untuk memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia. Kegiatan pengumpulan data  SP2020 dilakukan dengan metode kombinasi, yaitu
memanfaatkan data adminduk dari Ditjen Dukcapil sebagai data dasar untuk kegiatan
pencacahan penduduk secara lengkap.

Secara umum proses bisnis pengumpulan data
SP2020 dilaksanakan melalui tujuh tahapan kegiatan, yaitu:
1. Koordinasi dan konsolidasi;
2. Penyiapan basis data dasar;
3. Sensus Penduduk Online;
4. Penyusunan daftar penduduk;
5. Pemeriksaan daftar penduduk;
6. Verifikasi lapangan; dan
7. Pencacahan lapangan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.