Menpora Akan Bentuk Timnas Basket Piala Dunia 2023


Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Maruf Amin (kanan) memimpin rapat terbatas (ratas) tentang peningkatan peringkat pariwisata Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020).baturajaradio.com -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan akan segera menindaklanjuti pembentukan tim nasional (timnas) bola basket yang akan mengikuti Piala Dunia Basket FIBA pada 2023. 

Persiapan timnas Merah Putih dan kualifikasi Piala Dunia Basket FIBA menjadi bahan bahasan dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2).

''Tentu kita tidak mau hanya sebagai tuan rumah saja, tetapi juga kita menginginkan timnas kita harus berprestasi,” kata Menpora Zainudin Amali setelah rapat terbatas bertema Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023.

Menpora berharap keterlibatan dari berbagai pihak termasuk Perbasi, NOC, dan semua pihak terkait agar bisa memberikan dukungan bagi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut. ''Jadi, kita mau sukses sebagai penyelenggara dan sukses sebagai timnas atau sukses prestasi,” katanya.

Menpora mengatakan, Presiden ingin pelaksanaan Piala Dunia FIBA 2023 dimana Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang ini dikoordinasikan dan disiapkan dengan baik. Untuk bisa sukses, persiapan acara itu memang harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

''Baik untuk kejuaraan tahun 2023 atau persiapan kita hadapi kualifikasi. Tentu hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kejuaraan yang harus kita siapkan adalah kita menjadi tuan rumah,'' katanya.

Berbagai fasilitas, sarana, dan prasarana harus disiapkan dengan baik termasuk venue pertandingan atau hal-hal lain di luar pertandingan, misalnya akomodasi, transportasi, dan berbagai hal lainnya.

Pesan Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo meminta agar tim nasional (timnas) bola basket yang tangguh, segera dibentuk dalam menghadapi Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. ''Saya juga minta dipersiapkan timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas terkait Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Selain itu, presiden juga meminta agar Organizing Committee (OC) Piala Dunia Basket FIBA Tahun 2023 segera dibentuk setelah Indonesia resmi ditetapkan sebagai tuan rumah ajang tersebut. ''Segera disiapkan dan bentuk OC-nya yang menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif,” katanya.

Presiden Jokowi ingin segala sesuatu mulai dari perencanaan penganggaran, kegiatan pra-even, termasuk keamanan dan pengamanan kesehatan, dan lain-lainnya telah siap dalam menyambut acara tersebut. Termasuk juga di dalamnya dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia hingga mengenalkan pariwisata.

''Saya juga minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat bertanding, disiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIBA,” kata Presiden. Persiapan yang diharapkan juga meliputi tempat duduk ruang ganti, lapangan pertandingan yang dilengkapi kayu, area untuk hospitality, jaringan internet, dan layanan lainnya.



(https://nasional.republika.co.id/berita/q5wkzj257/menpora-akan-bentuk-timnas-basket-piala-dunia-2023)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.