CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG


Resep Es Goyang

Baturaja Radio.com - Resep Es Goyang Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Memang es goyang lidah merupakan jajanan anak-anak tempo dulu sekitar era tahun 80-90 an kini kuliner es krim stik tradisional klasik dan legendaris ini telah tergerus kalah bersaing dengan es krim stik modern seperti es krim walls paddle pop, es krim campina, es krim aice, dll.

Es goyang kampung atau es lilin jajanan jadul semasa kecil dulu rasanya Gurih dingin selayaknya makan es krim. Segarnya es goyang aneka rasa memang tak terlupakan. Apalagi saat ini es khas Sunda Bandung itu sudah jarang ditemui di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta dan kota-kota besar lainnya.
Andapun kini bisa membuatnya sendiri tanpa harus membeli tinggal sediakan bahan-bahan yang diperlukan antara lain, santan kelapa, gula pasir, dan aroma rasa yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami seperti potongan buah asli atau buah segar alami mulai dari buah strawbery/stroberi, alpukat/avokad, durian/duren, nangka, cokelat, hingga kacang hijau, dll. Bisa juga menggunakan aroma rasa buatan dari bahan sirup/sirop buatan atau essens.
Cara membuatnya tidak sulit seperti membuat es krim dengan peralatan modern seperti mesin es krim. Bisa dikatakan pembuatan es goyang tanpa mesin hanya menggunakan cetakan berbentuk kotak panjang. Secara singkat proses pengolahan es goyang dapat dijelaskan seperti ini. Langkah pertama adalah cara membuat adonan es goyang. Caranya semua bahan dijadikan satu, dicampur rata dan dimasak sampai mendidih. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi pecahan es batu. Tuangkan adonan ke dalam cetakan satu persatu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi
Seperti namanya, jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu, tancapkan tusukan sate atau stik es krim. Tujuan menggoyang adalah agar es cepat membeku secara merata, karena pada bagaian bawah cetakan es terdapat air dengan potongan-potongan es serta tambahan garam di dalamnya. Es goyang untuk saat ini memiliki berbagai macam varian rasa ada rasa pandan, es goyang coklat, strawberry, ketan hitam, es goyang kacang hijau atau kacang ijo, kelapa muda, nangka, alpukat sampai durian, dll.
Santapan dingin khas Sunda ini siap dicicipi bersama anak-anak atau cocok juga disajikan untuk pesta Anda di rumah. Ada juga versi es goyang Betawi. Berikut kumpulan aneka resepi es goyang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan usaha bisnis es goyang.

RESEP ES GOYANG BANDUNG

BAHAN :
  • 50 gram tepung hunkw
  • 500 ml santan kelapa asli (dari 1 butir kelapa)
  • 70 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt cokelat bubuk
BAHAN TOPPING :
  • Es batu
  • Coklat cair
  • Kacang
CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG :
  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, yaitu santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, serta juga cokelat bubuk.
  2. Bahan – bahan ini dimasak di atas api kecil dan terus diaduk – aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.
  3. Setelah masak, Anda bisa mulai menyiapkan sebuah cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box / kotak yang diisi dengan pecahan es batu dan garam.
  4. Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang telah masak tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi pecahan es dan garam tadi.
  5. Kemudian, goyang – goyangkan saja box / cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin lama jadi.
  6. Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan stik kayu khusus es krim lalu tunggu hingga es krim jadi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.