Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Tips Memilih Headset Bluetooth untuk Nikmati Musik Lebih Optimal


tips memilih headset bluetooth
Baturaja Radio.com - Mendengarkan musik secara optimal harus didukung perangkat yang mumpuni. Yuk, ikuti tips memilih headset Bluetooth berikut ini yang punya performa maksimal!
Musik selalu berhasil menjadi teman terbaik dalam beberapa kesempatan, nugas, ngantor, berolahraga, dalam perjalanan, atau waktu senggang. Dalam beberapa kesempatan tersebut, tidak mungkin kan kamu mendengarkan lagu keras-keras.
Di situ lah kamu perlu menggunakan headset, agar tidak mengganggu orang di sekitarmu. Seiring perkembangan teknologi, beragam tipe pun muncul dan terus berkembang. Salah satunya adalah headset Bluetooth, perangkat yang jauh dari kata ribet.
Kalau kamu adalah tipe orang yang “jorok,” tidak rapi dalam menyimpan barang, sepertinya earphone wireless adalah jawabannya. Kamu enggak perlu ribet-ribet melipat tali headset yang mudah kusut dan putus itu.
Sebelum membeli, sebaiknya kamu simak beberapa tips dalam memilih headset Buetooth ini terlebih dulu!
Tips / Cara Memilih Headset Bluetooth

1. Spesifikasi dan Fitur

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth
Sumber Gambar: Rakuten
Spesifikasi dari sebuah barang elektronik sepertinya adalah hal yang paling pertama yang harus kamu perhatikan. Begitu pula pada headset tanpa kabel.
Ketahui lah tipe Bluetooth yang dipakai agar koneksi lebih baik, atau tipe codec yang digunakan agar sesuai dengan device-mu. Selain itu, perhatikan pula fitur penting seperti noise cancelling, sensitivity, sound isolation, drivers hingga sweat resistant.

2. Kualitas Suara

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth
Sumber Gambar: Gadget Mac
Yang terpenting dari headset tentunya kualitas suara yang dikeluarkan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui kualitas suara dari headset yang akan kamu beli.
Kamu bisa membaca review atau menanyakan hal tersebut kepada temanmu yang sudah punya. Setiap merk headset memiliki kualitas suara yang berbeda, pilih yang punya kualitas suara terbaik atau yang nyaman di telinga.

3. Kompatibilitas

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth
Sumber Gambar: Apple
Kemudian kamu juga perlu memerhatikan kompatibilitas dari headset bluetooth yang akan kamu beli. iOS memiliki jenis codec bernama Advance Audio Coding (AAC), sedangkan di Android memiliki codec bernama apt-X, keduanya memiliki kualitas suara yang tak perlu kamu ragukan.
Kamu hanya tinggal memilih headset yang sesuai dengan codec pada device-mu. Kalau pun berbeda sebetulnya tidak apa, akan tetapi jika kamu menginginkan kualitas suara yang maksimal, kamu perlu menyesuaikannya.

4. Perhatikan Materialnya

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth
Sumber Gambar: DH Gate
Material dari headset bluetooth pun berbeda-beda, dan material ini juga akan menentukan kualitas suara yang dikeluarkan headset. Saat ini banyak earphone tanpa kabel yang menggunakan bahan silikon, namun material busa (foam) akan memberikan kualitas suara yang lebih baik.
Foam dapat meredam suara lebih baik ketimbang silikon, karena memang sifat dari bahan tersebut. Selain itu, foam juga akan beradaptasi dengan bentuk lubang telinga kita, sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal.

5. Bentuk dan Tipe Headset

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth
Sumber Gambar: Vava
Bentuk dan tipe headset bluetooth bermacam-macam, terdapat beberapa pilihan bentuk yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih headset bluetooth yang terpisah seperti AirPods Apple.
Jika kamu senang berolahraga kamu bisa memilih headset bluetooth yang menggantung di leher belakangmu agar tidak mudah terjatuh. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya selera.
headphone bluetooth
Cari headphone Bluetooth dengan harga terjangkau, tapi tetap berkualitas? Temukan di sini!
6. Daya Tahan Baterai
Tips selanjutnya adalah perhatikan daya baterai headset bluetooth pilihanmu. Berbeda dengan headset biasa, yang tidak menggunakan baterai, headset bluetooth memiliki baterai agar dapat digunakan.
Jika kamu adalah orang yang sering menggunakan headset dimana pun kapan pun, kamu perlu mencari headset bluetooth dengan kapasitas baterai yang besar.
Maka dari itu, sempatkan waktumu untuk membaca spesifikasi dari headset yang akan kamu beli agar kamu tidak menyesal setelah membelinya.

7. Kenyamanan

Kenyamanan adalah faktor penting selanjutnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bentuk dari headset bluetooth perlu kamu sesuaikan dengan lubang telingamu.
Selain itu, tipe dari headset bluetooth juga akan memengaruhi kenyamanan.

8. Perhatikan Garansi yang Diberikan

Ketika ingin membeli headset bluetooth, perhatikan pula garansi resmi atau dari distributor. Kamu perlu mengetahui seperti apa garansi yang diberikan.
Garansi ini penting, sehingga kamu tidak perlu pusing jika headset bluetooth-mu mengalami kerusakan.

9. Budget

Berikutnya adalah budget yang kamu miliki untuk membeli sebuah headset bluetooth. Memang, jika kamu menginginkan headset dengan kualitas terbaik, pasti headset tersebut dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.
Namun, tidak ada salahnya kamu membeli headset yang cukup murah, tapi perhatikan pula spesifikasinya. Saat ini juga sudah banyak headset bluetooth dengan harga cukup murah, namun memiliki spek yang cukup tinggi.

10. Toko Resmi

Terakhir, beli lah headset bluetooth dari toko resmi agar terjamin kalau headset itu memang asli dan bergaransi. Toko resmi bukan hanya ada di pusat perbelanjaan saja kok, kamu juga sudah bisa menemukan toko resmi yang online-nya.
Hindari membeli headset dari toko yang tidak jelas atau black market. Kamu tidak akan tahu kualitasnya seperti apa dan garansi pun belum tentu ada.
Itu dia beberapa tips yang dapat membantumu dalam mendapatkan headset bluetooth terbaik. Dari semua tips yang sudah dijabarkan di atas, kamu pun perlu meluangkan waktu untuk membaca review serta membandingkan spesifikasi dari headset pilihanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.