Kabupaten Lahat Masuk Catatan Sebagai Daerah dengan Pengelolaan Sampah Terbaik di Sumsel

Kabupaten Lahat Masuk Catatan Sebagai Daerah dengan Pengelolaan Sampah Terbaik di Sumselbaturajaradio.com - Kabupaten Lahat masuk dalam catatan sebagai daerah dengan pengelolaan sampah terbaik di Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal itu terungkap dari hasil penilaian Tim Adipura yang berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Selatan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Lahat, Ir Agus Salman, melalui Kabid LB3, M Jonliadi SE, apa yang telah dicapai saat ini bisa menjadi motivasi untuk lebih baik lagi.

Untuk itu, katanya DLH tahun depan bakal lebih meningkatkan sistem pengelolaan sampah, melalui metode Bank Sampah.

Dengan target awal, bertambahnya 40 persen jumlah Bank Sampah dari yang ada saat ini.

"Saat ini tercatat sudah ada 11 Bank Sampah. Tersebar di Kecamatan Kota Lahat, Gumay Talang, dan Merapi Area," terang melalui Kabid LB3, M Jonliadi SE, Kamis (19/12).

Sementara, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Lahat, Nenny Ratnadiyani Amd menuturkan, selain memberikan edukasi ke masyarakat.

Pihaknya juga berencana akan bekerjasama dengan pihak desa, melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk program pengelolaan sampah.

Juga akan melibatkan perusahan di Lahat, untuk berperan aktif mengelola sampah.

"Awalnya perusahaan dulu yang kita bina, lalu perusahaan yang membina desa. Jika setiap desa punya Bank Sampah, Lahat bisa jadi pelopor Indonesia Bebas Sampah. Kendalanya, kita sangat butuh dukungan dan komitmen. Salah satunya pembuatan galeri daur ulang," tutur Nenny. Cr22

(https://palembang.tribunnews.com/2019/12/19/kabupaten-lahat-masuk-catatan-sebagai-daerah-dengan-pengelolaan-sampah-terbaik-di-sumsel)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.