5 Jalanan Terseram serta yang Paling Berbahaya di Indonesia

baturajaradio.com  -Sejumlah jalanan di Indonesia terkenal ekstrem serta berbahaya. Bahkan, jika tidak waspada bisa saja terjadi kecelakaan. Tak tanggung-tanggung, sudah banyak korban jiwa akibat berkendara di jalan ini. Umumnya, jalanan tersebut banyak dilewati oleh pemudik saat liburan tiba. 
Maka dari itu, untuk mencegah banyaknya korban berjatuhan, dipasang rambu-rambu serta peringatan untuk mengingatkan para pengendara agar tetap aman. Meskipun sudah dipasang berbagai macam rambu-rambut, namun jalanan tersebut masih dikenal dengan keganasannya hingga ada juga yang mengaitkannya dengan mitos-mitos tertentu. Hmmm kira-kira seberapa seram serta berbahayanya jalanan tersebut?

1. Kelok 44


Source : https://metropekanbaru.com Kelok 44
Kalian pasti ada yang pernah mendengar kelok 44 atau bahkan pernah melewati jalan ini. Lalu, bagaimana rasanya? Pasti pusing bukan main, ya? Jalan yang terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat, merupakan jalan yang paling terkenal dengan banyaknya kelokan. 
Kita akan bertemu dengan jalan ini ketika melintasi rute Bukittinggi – Maninjau. Sesuai namanya, Kelok 44 yang berarti terdapat kelokan atau tikungan sebanyak 44. Wow! Serta di setiap kelokan diberi nomor 1-44. Jika kalian memulai rute dari arah Bukittinggi maka kalian akan diajak untuk menghitung mundur mulai dari 44-1. 
Akan tetapi, kelokan di sini cukup ekstrem. Pasalnya, di jalan ini banyak terjadi kecelakaan karena tikungannya tajam. Tapi hebatnya lagi ada juga para wisatawan yang lewat secara sengaja untuk sekedar menikmati sensasi bahaya di kelok ini.

2. Alas Roban


Source : http://kepoan.com Alas Roban
Masih ingat dengan cerita misteri Alas Roban yang terkenal dengan keangkerannya? Ternyata jalan yang menghubungkan kota Batang serta kota Semarang ini termasuk jalan yang paling berbahaya untuk dilalui. Terletak di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, jalan ini menyimpan banyak cerita seram di dalamnya. 
Cerita-cerita seram tersebut meliputi diikuti makhluk halus, dibisiki makhluk halus, bahkan sampai ada yang bertemu dengannya. Selain dengan cerita yang penuh misteri, jalan ini juga terkenal sebagai jalur maut karena ada ratusan kecelakaan yang sebagian besar memakan korban jiwa. 
Minimnya pencahayaan, mempunyai jalur yang berkelok-kelok, serta jalannya yang sempit menjadi penyebab kecelakaan tersebut. Selain itu, jalan Alas Roban juga terkenal sangat macet dari tahun 1990-an. Namun, sekarang Jalan Alas roban telah diperbaharui hingga cukup aman untuk dilalui. Walau sudah cukup aman untuk dilalui, bukan berarti keselamatan berkendara dilupakan ya!

3. Sitinjau Lauik


Source : https://news.koropak.co.id Sitinjau Lauik
Selain kelok 44, Sitinjau Lauik juga dinobatkan sebagai jalanan ekstrem di daerah Sumatera Barat. Sitinjau Lauik, tikungan tajam yang disambut dengan tanjakan tinggi menjadi kekhawatiran bagi setiap pengendara yang melintas. Tikungan ini memicu terjadinya kecelakaan hingga kendaraan bisa masuk ke dalam jurang puluhan meter. Maka dari itu, para pengemudi harus lebih berhati-hati ketika melewati jalan ini, apalagi saat musim hujan. 
Saat musim hujan, jalan ini juga terdapat belasan titik yang rawan longsor loh! Meskipun banyaknya bahaya yang mengancam, ternyata nama Sitinjau lauik punya arti yang menyejukkan, yaitu melihat laut. Artinya di sejumlah titik jalanan, para pengendara bisa memandang laut yang terbentang luas. Wah! Apa kamu berani mencoba jalan ini?

4. Jalur Lintas Tarutung 


Source : http://harian.analisadaily.com Jalur lintas Tarutung
Kalian yang sedang menuju Sibolga dari arah kota Medan, pasti pernah melewati jalur lintas Tarutung. Jalur ini terbilang cukup ekstrem karena selama di jalur ini terdapat banyak tikungan. Selain itu, Tarutung juga punya jalan yang sempit. Jarak tiap-tiap kelokan bisa dibilang pendek, hingga bisa membuat para penumpang serta pengemudi muntah. 
Selain itu, ketika curah hujan tinggi maka pengendara perlu waspada karena jalanan semakin licin. Bukan hanya licin, jalan ini juga pernah mengalami kelongsoran tanah akibat tekstur tanahnya yang rawan. Perlu ditingkatkan kewaspadaannya, nih!

5. Likuan Endikat, Pagar Alam


Source : www.musicjinni.co Likuan Endikat, Pagar Alam
Tikungan yang berada di Pagar Alam, Sumatera Selatan, ini memang benar-benar ekstrem. Para pengemudi bus yang berhasil melewati tikungan ini bisa dikatakan hebat serta tidak diragukan lagi keahliannya dalam menyetir mobil. Selain tikungan yang tajam, tanjakan yang curam juga membuat jalan ini semakin kejam. 
Oh iya, jalan ini juga memiliki jembatan untuk menghubungkan jalanan. Nah, di bawah jembatan tersebut ada jurang yang sangat dalam serta berbahaya! Di balik kekejamannya, para pengemudi disuguhi dengan keindahan alam di sekitar. Jalan ini menjadi jalan legendaris yang wajib dilewati para adventurer!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.