Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dua Hektare Lahan Hutan Bambu di Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Terbakar

Dua Hektare Lahan Hutan Bambu di Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Terbakarbaturajaradio.com -Lebih kurang dua hektare lebih hutan bambu terbakar yang diduga dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di perbatasan Desa Rantau Nipis dan Desa Karang Endah Kecamatan Banding Agung OKU Selatan, pada Senin (14/10/2019).
Api yang berkobar yang sulit dipadamkan di kawasan hutan pohon bambu tersebut diketahui warga telah membesar sekitar pukul 09.00 WIB yang berhasil dipadamkan sekitar Pukul 14.30 WIB melalui bantuan warga, BPD, petugas Damkar Kecamatan dan TNI- Polri yang bertugas di wilayah setempat.

"Api diketahui telah membesar, namun untuk sumber api belum diketahui, namun sekarang telah padam,"ujar Camat Banding Agung Syamsul, dikonfirmasi Sripoku.com Senin (14/10/2019) sore.

Disampaikannya, petugas pemadam kebakaran (Damkar) kesulitan menjangkau lokasi kebakaran dikarenakan medan lokasi karhutla yang curam, sehingga membutuhkan waktu hingga 5 jam untuk menjinakkan api.

"Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB, karena mobil damkar kesulitan menjangkau lokasi,"tambah Camat.

Ditambahkanya, kobaran sijago merah yang melahap hutan pohon bambu tersebut telah meluas ke desa Tetangga sehingga warga saling bahu membahu memadamkan api.

Kendati demikian, untuk mengantisipasi kembali karhutla Syamsul meminta masyarakat untuk aktif melaporkan apabila terjadi karhutla sehingga cepat untuk ditanggulangi.

"Kalau api kembali ada segera diinfokan, dan dapat mengawasi wilayah kebun masing-masing,"pinta Camat.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.