BMKG Sumsel Prediksi Potensi Hujan Sampai 27 September Meski Musim Kemarau Hingga November

BMKG Sumsel Prediksi Potensi Hujan Sampai 27 September Meski Musim Kemarau Hingga Novemberbaturajaradio.com - BMKG Sumsel Prediksi curah hujan Terhenti pada Tanggal Ini di Bulan September Karena Masih kemarau yang diperkirakan berakhir pada November mendatang. Namun, tak menutup kemungkinan akan ada curah hujan pada bulan-bulan tersebut.

Seperti diketahui, MBKG Sumsel atau Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi potensi curah hujan masih akan terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Selatan sampai 27 September nanti.

Prediksi Potensi curah hujan Sampai 27 September ini akan berlangsung dengan curah hujan yang cukup banyak, Meski Musim kemarau Hingga November.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala BMKG Stasiun Kenten, Nuga Putratijo menyebutkan, berdasarkan prediksi BMKG Sumsel memang sejak 4 hari yang lalu diinformasikan akan ada potensi hujan yakni di 23-24 di Sumatera Selatan dan potensi ini akan berlangsung hingga 27 September 2019.

Dia mengatakan fenomena hujan lebat di tengah musim kemarau ini disebabkan beberapa hal, Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk modifikasi cuaca, sehinga bisa mengatasi kekeringan yang melanda Sumsel.

"Kenapa ini bisa terjadi di tengah-tengah ini adalah salah satu yang kita namakan menuju masa peralihan karena disaat itu posisi matahari menuju ke selatan khatulistiwa artinya ada potensi-potensi tekanan rendah ada di selatan khatulistiwa karena itulah yang menyebabkan untuk saat ini itu ada belokan angin yang melambat di wilayah khatulistiwa," jelasnya.

Menurut Nuga, hal yang sama juga terjadi hampir disebagian besar wilayah Sumatera saat ini, mulai dari Aceh sampai Sumatera Selatan kemudian Kalimantan Barat Sampai Kalimantan Tengah sedang terjadi hujan kemarin dan saat ini hari ini setelah itu sudah tidak ada lagi.

Setelah tanggal 27 kebutuhan di Sumatera Selatan, menurut Nuga potensinya tapi mungkin masih ada tapi kecil sekitar 10 sampai 20%.

"Kemungkinan terjadi saat ini sampai dengan awal bulan Oktober itu masih di timur sampai selatan timur tenggara selatan Itu kebetulan kita masih kuat angin timuran massa udara kering yang dari Australia, peluang untuk teknologi modifikasi cuaca disaat inilah bisa dilakukan," katanya.

Sumber>>(https://palembang.tribunnews.com/2019/09/24/bmkg-sumsel-prediksi-potensi-hujan-sampai-27-september-meski-musim-kemarau-hingga-november)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.