Banner

Banner
Kapolres OKU

Resep Cara Membuat Bajigur Bandung Hanjuang Jahe Spesial (Bahan Sederhana)





Baturaja Radio.com - Banyak yang suka dengan minuman hangat satu ini tetapi bingung bagaimana sih cara membuat wedang bajigur yang enak khas Bandung dan Sunda ini. Wedang khas daerah Jawa Barat yang terkenal sampai di seantero Indonesia. Sama seperti badrek, minuman ini memang membuat ketagihan. Apalagi kalau dinikmati saat masih panas dan saat cuaca lagi dingin. Terbuat dari aneka rempah rempah seperti jahe, gula aren dan kuah dari santan kelapa, resep bajigur Bandung merupakan minuman khas tradisional dengan aroma khas yang mengundang rasa penasaran. Buat teman teman yang kebetulan rindu dan kangen dengan wedang hangat ini, kali ini kita akan berikan cara membuat dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Untuk membuat wedang bajigur yang harum dan enak sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Sama seperti juga seperti minuman tradisional lainnya seperti STMJ, Plethok, Sekoteng, Ronde dan lainnya. Bahan bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapat. Jadi kita bisa membuat bajigur hanjuang ini sendiri di rumah perlu repot repot membelinya. Supaya lebih mantap rasanya memang sebaiknya menggunakan santan asli dari perasan kelapa. Tetapi tidak ada bisa juga menggunakan santan instan 2 bungkus yang dicampur dengan air sampai sebanyak 1 liter cairan. Untuk jahe bisa menggunakan jahe gajah yang mudah dibeli di penjual sayur. Tetapi kalau suka pedas, bisa diganti dengan jahe merah ataupun jahe emprit yang bentuknya kecil tersebut.

Bahan dan Cara Membuat Bajigur Spesial

Bahan

  1. Bahan utama adalah santan kurang lebih sebanyak 1 liter.
  2. Jahe yang sudah dikupas kemudian dibakar sebentar kurang lebih sebanyak 50 gram atau sesuai selera. Memarkan atau geprek sebelum direbus.
  3. Daun pandan kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  4. Gula merah yang sudah disisir secukupnya atau kurang lebih sebanyak 150 gram.
  5. Kopi bubuk yang aromanya kuat kurang lebih sebnayak 2 sendok kecil
  6. Kayu manis kurang lebih sepanjang 5 cm.

Bahan tambahan optional


  1. Garam dapur secukupnya sesuai selera (optional kalau dirasa kurang gurih).
  2. Gula pasir secukupnya sesuai selera (optional kalau dirasa gula merahnya kurang manis).

Cara membuat bajigur

  1. Siapkan panci yang terbuat dari stainles dengan api sedang kecil kemudian tuang santan yang sudah dipersiapkan.
  2. Masukkan kayu manis bersama dengan jahe yang sudah dimemarkan dan daun pandang kemudian aduk aduk sampai tercampur rata dan harum baunya.
  3. Masukkan gula merah yang suda disisir kemudian aduk aduk kembali sampai santannya mendidih.
  4. Tes rasa dan kalau dirasa kurang gurih atau manis bisa ditambahkan gula pasir atau garam dapur kemudian aduk kembali.
  5. Setelah matang siap disajikan dan beri hiasan supaya lebih menarik.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.