Banner

Banner
Pemkab OKU

Kue apem tradisional simple

Kue apem tradisional simple foto resep utamabaturajaradio.com - Apem...sapa sih yang gak tau makanan ini. Biasanya apem dibuat pas ada acara selametan di desa, tapi kemaren pas lagi gak ada acara selametan kok pengen maem apem anget-anget. Yaudah bikin tape nasi dulu 3 hari sebelumnya, cuma nasi diberi ragi tape dan masukin dalam wadah kedap udara trus simpan di pojokan lemari jangan lupa dibungkus serbet bersih ya, udah gitu doang dan lupakan...kalo udah 3 hari dilihat trus cek kalo udah berair dan berasa asam khas tape berarti berhasil. Tinggal nyiapin bahan lainnya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ 1 resep ini jadi kurang lebih 30 biji an saya pakai cetakan kue lumpur yang bisa buat apem juga. Oke langsung ke resep ya ^-^

Bahan-bahan

500 gram tepung beras
200 gram tepung terigu
200 gram gula pasir
200 gram tape nasi (nasi+ragi tape diamkan 3 hari)
1 sdm fernipan
Secukupnya santan kental yang sudah direbus
2 lembar daun pandan buat hiasan
Secukupnya margarin untuk olesan

Langkah

Campur tape nasi, gula pasir dan fernipan. Remas-remas dengan tangan sampai gula larut. Masukkan tepung beras dan tepung terigu, aduk rata dengan tangan juga ya. Masukkan santan hangat sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi cair dan aduk rata, diamkan selama 3 jam dalam keadaan tertutup rapat ya


Jika sudah 3 jam adonan akan mengembang dan berbusa, aduk sampai busa nya hilang. Oles cetakan apem dengan margarin, tuang adonan dan tutup (saya buat 2 versi 1 pakai pandan dan 1 tidak pakai pandan)


Jika apem sudah setengah matang beri potongan daun pandan di atasnya dan masak kembali hingga matang. Jika sudah matang oles permukaan apem dengan margarin dan angkat


Apem ini enak banget ya, bentuknya juga cantik bisa montok gitu πŸ˜€


(https://cookpad.com/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.