Banner

Banner
Pemkab OKU

Kapuslit Arkenas Kemendikbud RI : Situs Gua Harimau Menjadi Sokoh Guru Kebhinekaan di Indoensia

Kapuslit  Arkenas  Kemendikbud RI :  Situs Gua Harimau  Menjadi Sokoh Guru Kebhinekaan di Indoensiabaturajaradio.com -Kepala Pusat Penelitiaan Arkeologi Nasional Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Drs I Made Geria Msi mengatakan Situs Gua Harimau menjadi Sokoh Guru Kebhinekaan di Indoensia .

Hal itu dikatakan Made, pada kegiatan Rumah Peradaban di Gua Putri Desa Padangbindu Kecamatan Semidangaji Kabupaten Ogan Komering Ulu Selasa (2/4/2019).

Rumah Peradaban yang diikuti sekitar 200 murid SMP dan para guru ini dihadiri Baupati OKU Drs H Kuryana Azis, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Paisol Ibrahm SE MM, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Budaya H Imron ST MSi , PLH Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa S Syarkomi SP MSc. Tim Puslit Arkenas antara lain, Adhi Octaviana, Retno Handini, Ngadiran.

Dikesempatan itu Kapuslit Arkenas menjelaskan, di Situs Gua Harimau budaya leluhur sudah mengajarkan tentang Akulturasi budaya, toleransi , Kebhinekaan Tunggal Ika.

“Gua Harimau Memberikan Suppot secara nasional,” terang Kapuslit Arkenas Balitbang Kemdikbud RI seraya menambahkan kebijakan nasional mendukung penguatan Kebhinekaan .

Dikatakan I Made Gua Harimau adalah Rumah Peradaban tempat belajar sejarah budaya leluhur . Dengan mengenal budaya leluhur kita akan menjadi bangsa yang berkeribadian dan memiliki peradaban. Kita akan tahu darimana asal kita, siapa kita dan mau kemana kita.

Sedangkan Prof DR Harry Truman Simanjuntak dalam paparannya mengatakan, Kabupaten OKU memiliki sejarah yang panjang .

Di Situs Gua Harimau ada lima point /peradaban, pertama para leluhur sudah menghuni Gua Harimau semenjak 22.000 Tahun Yang Lalu (awal Masehi).

Kedua Penghuni Gua Harimau dihuni oleh Manusia Modern Awal, ada dua ras menghuni Gua Harimau yakni Ras Australomelanesia dan Ras Monggoloid . Ada kebersamaan dua ras penduduk pertama bisa menerima penduduk pendatang baru dan bercampur secara biologis dan budaya ,ada toleransi yang tinggi dalam kehidupan dua ras.

Ketiga Leluhur yang menghuni Gua Harimau sudah memiliki karya seni . dan keempat para leluhur di Gua Harimau mempu berinteraksi dengan dunia luar dilihat dari tinggalan budaya perunggu yang didatangkan dari Vietmnam (budaya dongsong). Dan kelima Gua Harimau memberikan kontribusii penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan nama Situs Gua Harimau sudah mendunia.

Sedangkan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis , mengajak para pelajar dan semua pihak di Kabupaten OKU ikut menyebar luaskan tentang potensi Situs Gua Harimau . Bupati juga mengajak pihak terkait melestarikan tinggalan budaya dan memanfaatkan situs Gua Harimau yang bisa mengangkat nama Kabupaten OKU ke tingkat nasional.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.