Banner

Banner
Pemkab OKU

10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

jus-mengkudu-doktersehat_430499077baturajaradio.com - Pernah mendengar tentang manfaat buah mengkudu yang  berasal dari tanaman hijau tropis? Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Selatan dan Tenggara dan pulau-pulau Pasifik, dan bahkan disebutkan dalam teks-teks Ayurvedic kuno. Khasiat buah mengkudu telah digunakan secara medis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan detoksifikasi tubuh selama ribuan tahun.
Buah yang memiliki bintik-bintik kehitaman ini kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B3 (niacin) dan zat besi. Dokter Anak yang berbasis di Baltimore Dr Mona Harrison, MD mengatakan, “Saya memiliki berbagai pasien yang mendapat manfaat dari jus mengkudu, dan ajaibnya berkhasiat pada banyak orang karena memengaruhi begitu banyak sistem tubuh”.
Bahkan model asal Australia, Miranda Kerr, telah merasakan manfaat mengkudu dan mengonsumsinya dalam bentuk jus selama 14 tahun. Buah ini tidak hanya bagus untuk kulit Anda, tetapi juga untuk kesehatan tubuh Anda secara umum.

Daftar Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat buah mengkudu, dan mengapa buah ajaib ini baik untuk kesehatan Anda yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, buah, salad, dan sebagainya:

1. Mengobati arthritis

Keluhan utama dari pasien yang menderita arthritis adalah rasa sakit. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam arthritis karena sifat analgesiknya. Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda dapat mengurangi rasa sakit radang sendi.

2. Menurunkan risiko encok

Encok atau gout adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

3. Meningkatkan energi

Selama ribuan tahun, jus mengkudu telah digunakan untuk memerangi kelemahan tubuh secara umum, meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

4. Melembapkan kulit

Jus mengkudu adalah pembangkit antioksidan dan bekerja sebagai pelembab yang hebat, jika dioleskan pada kulit. Mengkudu secara alami memperbaiki kulit Anda. Jadi, lupakan kulit kering dan kulit belang, dan selamat datang kulit yang terhidrasi dengan sehat.

5. Mencegah penuaan

Manfaat buah mengkudu yang mengandung Vitamin C dan selenium dapat membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Penting untuk merawat kulit Anda dan menjaganya tetap sehat dan muda kan, Teman Sehat?

6. Mengobati iritasi kulit kepala

Dr Reema Arora, Dermatolog yang berbasis di Delhi mengatakan, “Meskipun tidak banyak literatur medis tentang jus Noni, kami dapat mengatakan ini (jus mengkudu) memiliki beberapa manfaat buah mengkudu yang luar biasa. Ia memiliki sifat antibakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengobati iritasi kulit kepala.”

7. Mencegah kanker

Jus mengkudu mengandung senyawa yang dapat melawan kanker. Mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan dan melawan tumor.\

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan yang diperkuat adalah manfaat buah mengkudu. Kandungan dcopoletin dalam jus mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

9. Mengurangi stres

Manfaat mengkudu dapat membantu mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif. Tapi, hanya meminum jus mengkudu saja tidak bisa memberi Anda hasil yang maksimal. Anda harus berolahraga seperti berlatih yoga atau bermeditasi, dibarengi dengan rutin minum jus mengkudu.

10. Mengobati demam

Studi menunjukkan bahwa manfaat buah mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, demam, dan nyeri. Sangat penting untuk meminum jus mengkudu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil. 
(https://doktersehat.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.