Banner

Banner
Pemkab OKU

Kue Putu

baturajaradio.com - Kue putu merupakan kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.

Bahan yang perlu disiapkan:

375 gram tepung beras
125 gram gula merah, iris dengan tipis
300 ml air
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh perwarna hijau
150 gram kelapa parut, kukus dengan campurang garam

Cara membuat kue putu:

Rebus air bersama garam, daun pandan dan perwarna hijau sampai mendidih, kemudian biarkan sampai menghangat.

Kemudian tuangi ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan hingga menjadi butir-butir halus.

Siapkan saringan kasar, masukkan adonan tepung dan gosok-gosokkan hingga adonan menjadi butiran halus, kemudian ditampung.

Ambil cawan dengan ukuran 30 ml , tuangkan 1/2 makan adonan tepung, lubangi bagian tengah dengan jari telunjuk, masukkan gula merah dan ditutup dengan 1/2 sendok makan tetapi jangan ditekan.

Balikkan cetakan berisi adonan ke atas loyang datar dengan beralaskan daun pisang, angkat cetakannya dan atur jarak adonan yang sudah dicetak dan jangan sampai berdekatan.

Kukus denga api besar selama 10 menit, angkat dan sajikan dengan taburan kelapa.

Jika menggunakan bambu, masukkan sepotong kecil daun pisang sebagai alas cetakan isi dengan tepung dan gula. Kukus dengan posisi berdiri di atas lubang-lubang kukusan (seperti di gambar).

https://satujam.com/jajanan-pasar/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.