Banner

Banner
Pemkab OKU

KPU Tegaskan Jadwal Debat Kelima Pilpres tidak Berubah

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan memberikan pemaparan kepada media pada acara diskusi bertajuk Ngopi-Ngopi Yukk.. Ngobrolin Pemilu di gedung KPU, Jakarta, Selasa (30/10/2018).baturajaradio.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan tidak ada perubahan jadwal debat capres-cawapres kelima yang rencananya akan dilaksanakan pada 13 April 2019.

Debat kelima adalah debat terakhir dari tahapan Pilpres 2019.

"Terkait debat kelima, sampai dengan saat ini keputusannya akan dilaksanakan di penghujung tahapan kampanye, yaitu tanggal 13 April 2019," kata Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (25/3).

Hal tersebut lantaran jadwal debat telah melalui proses pengundian yang disepakati Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dan partai politik peserta pemilu.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan berpendapat apabila terdapat perubahan jadwal debat, pihaknya akan menemui kesulitan mengatur jadwal lagi untuk kampanye pasangan calon.

"Animo kampanye terbuka cukup besar, saya kira penjadwalan yang sudah diatur menjelang akhir harapan kami sudah, kalau diubah efek perubahan, jalani saja," tutur Ferry.

BPN Prabowo-Sandi pun disebutnya memiliki waktu untuk melakukan evaluasi debat agar debat terakhir semakin baik, jangan sampai debat hanya menjadi ajang coba-coba tanpa perbaikan. Adapun, sebelumnya sejumlah pengamat politik mengusulkan agar KPU memajukan jadwal debat capres-cawapres kelima untuk memberikan ruang yang lebih kepada rakyat agar dapat menilai visi dan misi para calon.

Terkait debat capres keempat yang akan digelar pekan depan, Ferry mengingatkan, penyelenggara untuk mengedepankan independensi karena debat merupakan tahapan penting pemilu. Debat capres keempat pada 30 Maret 2019 dengan tema ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional itu akan dipandu moderator Retno Pinasti dan Zulfikar Nagri. (https://nasional.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.