Banner

Banner
Pemkab OKU

KPU: Pemilih, Mari Saksikan Debat Kedua Pilpres

Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (kiri) berfoto bersama para panelis debat kedua capres, Sabtu (9/2).baturajaradio.com -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengajak masyarakat Indonesia menyaksikan debat kedua pilpres pada Ahad (17/2) malam. KPU menjanjikan debat kedua nanti berjalan lebih menarik dan substansial.

“Saya ingin sampaikan kepada seluruh pemilih, saksikan debat, ikuti kegiatan kampanye. Debat hanya menjadi salah satu metode dalam keseluruhan kegiatan kampanye," ujar Arief kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/2).

Menurut Arief, debat merupakan salah satu kegiatan kampanye. Debat perlu disimak sebab memberikan referensi kepada masyarakat untuk menentukan pilihan pemimpin mendatang.

Selain itu, KPU memastikan jalannya debat kedua pilpres yang akan mempertemukan para calon presiden (capres) nanti akan berlangsung lebih menarik. Sebab nantinya ada satu segmen khusus untuk para capres melakukan debat secara bebas.

Namun, dia menampik jika pelaksanaan debat bebas nanti justru membuat suasana politik semakin panas. "Bukan panas, tapi (debatnya) semakin hangat. Semakin menarik tentu karena masing-masing calon presiden bisa menjawab dan menanggapi dengan lebih leluasa,” tegas Arief.

Dia melanjutkan, debat bebas akan ditampilkan di segmen keempat. Di segmen ini capres akan dipertontonkan video terkait sejumlah tema yang diangkat di debat kedua.

Durasi segmen keempat ini tidak dibatasi secara khusus untuk menyampaikan tanggapan dan pertanyaan. Hanya saja, secara umum, segmen keempat nanti dilaksanakan selama 16 menit.

“Segmen itu mengatur masing-masing calon akan menjawab pertanyaan dan saling menanggapi dalam durasi waktu yang diatur secara umum saja. Maksudnya durasi itu langsung diatur per segmen secara garis besar. Dulu kan setiap tanggapan atau jawaban diatur durasinya, ada durasi sendiri. Tetapi di debat kedua ini pada segmen keempat waktunya diatur secara utuh selama 16 menit berdebat,” jelas Arief.

Sementara itu, terkait persiapan debat, Arief mengungkapkan sudah hampir tuntas. Pada Jumat siang, panelis akan melakukan finalisasi soal debat kedua. Selain itu, KPU akan melakukan pembahasan lanjutan protokoler dan pengamanan debat kedua di lokasi debat yakni Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat.

Kemudian pada Sabtu (16/2), panelis akan bertemu dengan moderator untuk menyerahkan soal-soal yang telah disusun. Geladi bersih pertama akan juga digelar pada Sabtu. Sementara geladi bersih kedua digelar pada Ahad sebelum pelaksanaan debat.

Sebagimana diketahui, debat kedua pilpres merupakan debat antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat ini akan disiarkan oleh sejumlah kalangan stasiun televisi yakni televisi RCTI,GTV, MNC TV, dan iNews TV dengan moderator Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.
(https://nasional.republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.