Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

HD Segera Luncurkan Program Isbat Nikah Terpadu

baturajaradio.com -Dalam waktu dekat, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru akan meluncurkan program Isbat Nikah Terpadu, Sumsel Bersatu.

Program ini merupakan salah satu upaya pemprov memberikan kepastian legalitas hukum terhadap perkawinan berupa surat nikah.

Serta bagi anak baru lahir yang belum mendapatkan dokumen resmi berupa akte kelahiran.

Guna kelancaran program ini, Pemerintah Provinsi Sumsel akan menggandeng instansi terkait dalam hal ini Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sumsel.
 
Yang selanjutnya akan dilakukan penanda tanganan nota kesepahaman bersama atau MoU Bupati dan Walikota Se-Provinsi Sumsel dengan Pengadilan Agama di tingkat Kabupaten/Kota untuk menggelar isbat nikah terpadu tersebut.

“Nanti saya ajak Bupati/Walikota duduk bersama dengan Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sumsel, untuk mengakomodir saudara-saudara kita yang belum memiliki buku nikah. Intinya kita mau mempermudah masyarakat,” ungkap Gubernur H Herman Deru usai menerima audensi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sumsel Drs H. Endang Ali Ma’sum S.H, M.H di ruang tamu Gubernur, Rabu (13/02).

Mantan Bupati OKU Timur ini, menilai isbat nikah secara terpadu menjadi solusi terbaik bagi pasangan yang belum mendapatkan dokumen berupa buku nikah. Sebab selama ini yang terjadi, meskipun secara hukum agama sudah sah namun secara administrasi negara legalitasnya belum. sehingga kerap menyulitkan masyarakat untuk berurusan terutama yang terkait dengan masalah kependudukan.

“Terutama tekait dengan pembuatan surat-surat dokumen negara seperti pembuatan akte kelahiran anak, kartu identitas anak, pembuatan paspor untuk umroh dan haji dan untuk kelancaran urusan kependudukan lainnya,” tegas Gubernur.

Selain itu program isbat nikah terpadu lanjut HD, bertujuan untuk penertiban administrasi kependudukan bagi warga Sumatera Selatan.

“Kalau persoalan buku nikah ini tidak hanya dirasakan oleh yang beragama Islam saja, melainkan persoalan tersebut juga dirasakan oleh umat agama lainnya,” terang Herman Deru.

Untuk mempercepat terselenggaranya program isbat nikah terpadu, Sumsel bersatu di Sumatera Selatan, Gubernur meminta Biro Hukum segera membuat draf MoU dimaksud.

“Biro hukum fasilitasi ini, buatkan draf MoU-nya antara Pemprov dengan Pengadilan Tinggi Agama. Yang nanti juga diikuti oleh Pengadilan Agama di derah dengan Bupati/ Walikota untuk memfasilitasi warga mendapatkan buku nikah ini melalui isbat nikah secara terpadu,”tandasnya. (https://www.detiksumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.